sign up SIGN UP search


menyusui

3 Manfaat Penting Vitamin C untuk Ibu Menyusui, Jangan Dikonsumsi Berlebihan Ya Bunda

Dewi Ratna   |   Haibunda Senin, 29 Nov 2021 13:56 WIB
Close up portrait of beautiful young mother asian carrying little baby girl in home and sunlight in the morning. Healthcare, love, relationship concept caption

Bunda yang sedang menyusui dituntut untuk selalu menjaga asupan makanan agar tetap seimbang sesuai kebutuhan ibu dan bayi, termasuk vitamin C. Asupan vitamin C untuk ibu menyusui yang direkomendasikan adalah 120 mg setiap harinya.

Vitamin C yang larut dalam air dan merupakan antioksidan penting yang dibutuhkan setiap orang ini bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Vitamin C inilah yang membuat sel tetap sehat dengan cara melindungi dan membantu menyerap zat besi. Selain itu, vitamin C juga membantu penyembuhan luka dan jaringan.

Menjadi salah satu booster imun tubuh, vitamin C biasanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti kelelahan, infeksi, dan bahkan kanker. Kekurangan vitamin ini juga bisa menyebabkan penyakit kulit seperti kudis. Sedangkan jika kelebihan, ginjal akan terus memantau, dan kelebihan jumlah itu akan dikeluarkan dari tubuh.


Manfaat vitamin C untuk ibu menyusui

Seperti yang sudah sering dibahas, Vitamin C yang juga dikenal sebagai Ascorbic Acid punya banyak manfaat untuk tubuh manusia. Begitu pula manfaat vitamin C untuk ibu menyusui yang tak jauh berbeda, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan produksi ASI

Meskipun tidak setiap ibu menyusui mengalami peningkatan suplai ASI, tapi beberapa di antara mereka mengalaminya. Produksi ASI akan cukup stabil bila Bunda mengonsumsi vitamin C secara teratur.

Karenanya, jika produksi air susu Bunda sedikit atau mengalami kemacetan, cobalah untuk konsultasi pada dokter. Tanyakan apakah Bunda boleh mengonsumsi vitamin C dan seberapa dosis yang diperbolehkan.

2. Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat

Bunda pasti khawatir imun tubuh berkurang dan jadi sakit di masa menyusui. Cukup beralasan memang, karena Bunda tentu tak mau Si Kecil tertular flu atau penyakit apa pun itu yang menyerang Bunda.

Salah satu manfaat vitamin C untuk ibu menyusui juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsinya sejumlah dosis harian, Bunda bakal bisa melawan infeksi apa pun sebelum mereka sempat menempel pada tubuh. Bunda juga bisa menularkan manfaat ini pada Si Kecil lewat ASI.

Ilustrasi ibu menyusui atau menggendong bayiIlustrasi manfaat vitamin C untuk ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/damircudic

3. Memperkuat gigi dan tulang

Ibu menyusui tak perlu lagi mengkhawatirkan masalah gigi atau tulang yang rapuh, patah atau cedera, yang bisa menghambat kemampuan Bunda merawat Si Kecil. Vitamin C akan membantu memperkuat gigi dan tulang Bunda, terutama jika dipadu dengan vitamin D.

Pengaruh vitamin C pada ASI

Ketika seorang ibu menyusui mengonsumsi vitamin C, akan ada peningkatan vitamin pada ASI dalam waktu 30 menit setelahnya. Pasokan ASI akan meningkat, dan bagi Bunda yang sehat pun vitamin C untuk ibu menyusui bermanfaat untuk menjaganya tetap stabil.

Ketika dipadukan dengan vitamin E, Vitamin C bisa memberi efek yang sangat positif juga pada ASI. Mereka bersama-sama akan meningkatkan kadar antioksidan dalam ASI yang kemudian diteruskan untuk Si Kecil.

Efek samping kelebihan vitamin C untuk ibu menyusui

Meski baik untuk tubuh dan banyak manfaatnya, tapi jika dikonsumsi berlebihan vitamin C pun bisa menimbulkan efek samping. Jika dosis vitamin yang dianjurkan selama menyusui melebihi targetnya, kemungkinan besar Bunda akan mengalami efek samping seperti berikut:

  • Mual
  • Muntah
  • Keram perut
  • Maag
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Batu ginjal

Nah, untuk menghindarinya, maka Bunda perlu memerhatikan jumlah asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh, baik itu dalam suplemen maupun lewat sayur dan buah-buahan. Meski kelebihannya akan dibuang oleh tubuh, tapi ada baiknya untuk tetap tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!