sign up SIGN UP search


menyusui

4 Trik Simpan ASI Tanpa Kulkas, Cocok untuk Busui yang Sedang Bepergian

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 13 Dec 2021 08:27 WIB
Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background caption

Jakarta - Beraktivitas di luar rumah menjadi perjuangan tersendiri untuk para Bunda pejuang ASI. Apalagi, ASI tetap harus disimpan dengan kondisi yang tepat. Hmm, terus gimana ya cara menyimpan ASI tanpa kulkas kalau Bunda sedang bekerja di lapangan atau traveling? Cari tahu yuk!

Mencerdaskan diri dan mengetahui tentang seluk beluk penyimpanan ASI memang jadi pengetahuan penting bagi ibu menyusui. Apalagi, Bunda yang sering bepergian nih dengan ASIP tetap harus terselamatkan sehingga tetap berkualitas.

Menyusui di berbagai tempat entah di kantor, di mal, atau di bandara, memang dapat dilakukan dengan mudah ya, Bunda. Nah, biasanya yang jadi PR berikutnya justru penyimpanannya karena harus beranjak lagi ke aktivitas berikutnya. Sementara nih, ASIP yang dipompa harus disimpan dengan baik. 


Melansir Baby Center, saat Bunda berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain, cara menyimpan ASI tanpa kulkas yang bisa dilakukan yakni simpanlah ASI dalam wadah tertutup dan masukkan ke pendingin kecil berinsulasi dengan kantong es beku.

Untuk wadah sendiri, banyak Bunda yang suka menggunakan tas yang sudah disterilkan dan dapat ditutup rapat yang dirancang khusus untuk menyimpan ASI. Wadah tersebut pun bisa dimanfaatkan ya, Bunda.

Banner Menu Olahan TelurBanner Menu Olahan Telur/ Foto: HaiBunda/Mia

"Bunda juga dapat menggunakan wadah plastik atau botol kaca, tetapi pastikan apa pun yang digunakan bersih dimana sudah dicuci dengan air hangat dan dibilas dengan baik serta dikeringkan,"ujar Shelly Rivoli, pakar perjalanan.

Bunda juga dapat memasukkan ASI ke setiap wadah secara terbatas sehingga Bunda memiliki satu porsi yang siap untuk diberikan pada Si Kecil nantinya. Jika Bunda ingin membekukan susu, sisakan juga ruang sekira satu inci di bagian atas setiap wadah untuk memberikan ruang pemuaian.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak pula video tentang pilih-pilih botol pumping, mana yang lebih baik di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



4 CARA MENYIMPAN ASI TANPA KULKAS, COCOK UNTUK BUSUI YANG SEDANG BERPERGIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!