sign up SIGN UP search


menyusui

10 Syarat Menyimpan ASIP agar Nutrisinya Tetap Terjaga saat Diminum Si Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 14 Nov 2021 09:30 WIB
Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background caption

Jakarta - Penyimpanan ASI adalah kunci ketahanan dalam menjaga kualitas ASI. Karena itu, hindari asal menyimpan ASI ya jika tak ingin daya tahan dan kualitas ASI yang Bunda simpan jadi kurang maksimal.

Menurut Dr Betty Samburu, untuk para Bunda yang baru dalam hal menyusui, perlu diketahui bahwa ASI mampu bertahan selama delapan jam pada suhu kamar. Tetapi, saat berada di daerah yang suhunya panas, daya tahannya berkurang menjadi enam jam, seperti dikutip dari laman Tuko.

"Sementara itu, untuk ASI yang disimpan dalam lemari es, ASI tersebut dapat bertahan hingga 24 jam. Namun, ketika ditempatkan di kompartemen freezer lemari es, masa pakainya meningkat menjadi dua hingga tiga minggu," ujarnya.


Semua ketahanan dalam penyimpanan ASI sedianya memang sangat bergantung pada beberapa faktor ya, Bunda. Termasuk keandalan listrik dan frekuensi membuka pintu. 

Betty mengatakan susu akan bertahan dua minggu jika lemari es dioperasikan satu pintu dan suhunya terus berfluktuasi. Sedangkan pada lemari es dua pintu dapat bertahan hingga tiga minggu. Pada deep freezer, ASI sendiri dapat bertahan selama enam hingga 12 bulan. Perlu Bunda tahu bahwa listrik yang tidak dapat diandalkan juga bisa berarti pengurangan hingga enam bulan agar lebih aman kualitasnya. 

Banner Tips Merawat Tanaman Hias IndoorBanner Tips Merawat Tanaman Hias Indoor/ Foto: HaiBunda/Mia

Melansir Mayo Clinic, ada beberapa persyaratan penyimpanan agar ASI berkualitas. Simak panduan berikut ini yuk mengenai penyimpanan ASI:

1. Pastikan Bunda mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum memerah susu.

2. Simpan ASIP dalam wadah kaca food grade yang bersih dan tertutup atau wadah plastik yang food grade serta tak dibuat dari bahan kimia bisphenol. Atau, gunakan kantong plastik khusus yang dirancang untuk pengumpulan dan penyimpanan susu.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tentang 3 cara tepat menghangatkan ASI di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



10 SYARAT PENYIMPANAN ASI AGAR TETAP BERKUALITAS, BUSUI PERLU TAHU LHO!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!