sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Menyimpan ASI saat Traveling agar Kualitasnya Terjaga

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 01 Jan 2022 14:50 WIB
Ilustrasi pompa ASI elektrik caption

Jakarta - Bagi ibu menyusui, melakukan perjalanan dekat ataupun jauh menjadi tantangan tersendiri ya, Bunda. Selain harus cerdas mengatur waktu memompa ASI, menguasai cara menyimpan ASI tanpa kulkas juga perlu diketahui.

Penyimpanan yang tepat memang dapat memaksimalkan daya tahan ASI itu sendiri serta menjaga kualitas ASI tetap maksimal. Sehingga, nutrisi yang ada di dalamnya pun tidak rusak.

Permasalahannya, saat traveling, usai memompa ASI para busui sering tak menemukan freezer yang dapat menampung hasil ASI perahnya. Tak jarang, ASI pun jadi terbuang sia-sia karena tak ada penyimpanan yang tepat. Apalagi, kalau tak membawa ice cooler


"Memang, sangat penting sekali untuk menyimpan dan menggunakan ASIP dengan benar untuk menghindari kontaminasi atau pembusukan," ujar Carrie Pawlowski, RN, konsultan laktasi di Michigan Medicine, seperti dikutip dari laman Uofmhealth.

Pawlowski juga mencatat bahwa kadang-kadang memang bisa sangat melelahkan bagi para ibu untuk mengingat semua aturan dalam penyimpanan dan pengguna ASI. Meski demikian, hal ini memang penting diketahui guna menjaga kualitas ASI itu sendiri.

Menurut Pawlowski, ASI dapat dengan aman ditinggalkan dan digunakan hingga 6-8 jam pada suhu ruang hingga 77 derajat celcius. Namun, susu formula atau campuran ASI dan sufor, harus dibatasi hingga satu jam.

Hal yang paling aman, sambung Pawlowski, ialah untuk sesegera mungkin mendinginkan susu. Jika tidak bisa, jagalah agar wadah tetap dingin dengan menutupinya menggunakan handuk dingin.

Banner Denah Rumah Minimalis 3 KamarBanner Denah Rumah Minimalis 3 Kamar/ Foto: HaiBunda/Mia

Melansir Wikihow, meskipun cara terbaik menyimpan ASI di lemari es atau freezer, tetapi ini sering kali tak memungkinkan dilakukan ya, Bunda. Jika Bunda memang memerlukan menyimpan susu untuk jangka kurang lebih 4-6 jam, dapat menggunakan pendingin berinsulasi berisi es agar susu tetap dingin hingga 24 jam. Kemudian, gunakan susu sesegera mungkin atau pindahkan ke freezer sesegera mungkin di lokasi tujuan saat traveling.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 6 tips memerah ASI untuk Bunda pekerja di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



5 CARA MENYIMPAN ASI TANPA KULKAS SAAT BERPERGIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!