sign up SIGN UP search


menyusui

2 Alasan Mengapa ASI Tak Boleh Dihangatkan dengan Microwave

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 04 Jan 2022 13:24 WIB
microwave caption

Jakarta - Menghangatkan ASI perah memang tak bisa sembarangan ya, Bunda. Selain tak direkomendasikan memanaskan langsung di atas kompor, ASI perah juga sebaiknya tak boleh dihangatkan dengan microwave.

Setelah diturunkan dari freezer dan berada di suhu ruang, ASI memang sebaiknya dihangatkan sebelum diberikan pada bayi. Memang sih, Bunda, tidak ada salahnya memberikan susu dingin pada bayi.

Tetapi, ASI perah yang hangat bisa jadi pilihan terbaik mengingat saat menyusu, ASI yang diisap bayi terasa hangat. Sehingga, bayi akan lebih akrab dengan suhu hangat layaknya menyusu langsung ya, Bunda.


Guna menghangatkan ASI, memang tidak bisa sembarangan dilakukan ya, Bunda. Setelah diturunkan dari freezer, biasanya lemak dalam ASI cenderung terpisah. Bunda pun dapat membantu mencampurkannya dengan perlahan menggoyangkan wadah tersebut dan kemudian menghangatkannya menggunakan wadah yang telah berisi air hangat.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan dalam menggunakan air hangat ya, Bunda. Sebab, terlalu banyak panas dapat merusak enzim susu dan sifat proteksi dalam ASI. Selain itu, menghangatkan ASI dengan suhu terlalu panas dapat membuat lidah bayi melepuh tentunya, seperti dikutip dari laman Parents.

Banner Pencerah Wajah KusamBanner Pencerah Wajah Kusam/ Foto: HaiBunda/Mia

"Bunda dapat menghangatkan ASI beku dengan cara mencairkan ASI di lemari es sebelum menghangatkannya. Gunakan ASI yang sebelumnya sudah dicairkan dalam waktu 24 hingga 48 jam," saran Kelly A Hightower, R.N, seorang konselor laktasi.

Kemudian, Bunda dapat memanaskan ASI beku dengan metode air hangat yang meski akan memakan waktu lebih lama ya, Bunda. Yang perlu diingat, sebaiknya Bunda menghindari pemakaian microwave dalam menghangatkan ASI.

Tentu jika Bunda tak ingin kandungan nutrisi dalam ASI malah menghilang karena salah menggunakan prosedur dalam menghangatkan ASI.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang cara memilih botol pumping di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

3 ALASAN ASI KENAPA TAK BOLEH DIHANGATKAN DENGAN MICROWAVE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!