sign up SIGN UP search


menyusui

Ini Dia Obat Paling Aman dan Ampuh Redakan Mastitis untuk Busui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 27 Feb 2022 12:25 WIB
Young mother feeling breast pain, mastitis infection, inflammation problem caption

Jakarta - Mastitis memang salah satu hambatan yang wajar dialami ibu menyusui. Karena kondisi ini membuat tubuh busui menjadi tak nyaman, bila tak segera diatasi, bisa mengacaukan proses menyusui. Cari tahu yuk, obat terbaik apa yang mampu mengatasi mastitis.

Mastitis secara klinis merupakan kondisi saat area payudara terasa nyeri, panas, bengkak, dan terkadang disertai demam, menggigil, sakit seperti flu, dan penyakit sistemik, menurut the American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), seperti dikutip dari laman Forbes.

Penelitian menunjukkan kondisi mastitis ini dapat terjadi pada 33 persen ibu menyusui terutama pada beberapa minggu pertama pasca persalinan. 


"Ini bukan hanya kondisi yang dapat terjadi pada ibu yang menyusui. Mastitis juga dapat terjadi pada ibu yang menyusui secara eksklusif, menyusui bayi kembar, atau menyusui kombinasi dengan sufor. Jika payudara busui menghasilkan susu, siapa pun berisiko," ujar Jessica Madden, M.D, seorang neonatologis dan Medical Director of Aeroflow Breastpumps.

Kondisi mastitis dapat menyebabkan aliran ASI terhambat karena adanya saluran susu yang tersumbat. Dalam kebanyakan kasus, sumber penyumbatan berada lebih dalam di jaringan payudara ketimbang langsung di puting. 

Banner Kondisi Janin Saat Bunda Berhubungan SeksBanner Kondisi Janin Saat Bunda Berhubungan Seks/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Pada mastitis, saluran yang tersumbat bukanlah infeksi tetapi dapat berkembang lebih parah jika tidak diobati dan bertahan selama lebih dari 24 jam. Pada titik, ini perawatan medis pun diperlukan.

Dr Madden pun menyebutkan penyebab utama mastitis ialah lecet atau luka puting yang didapat dari menyusui bayi di payudara atau memompa. "Pembukaan ke payudara ialah titik masuk bagi bakteri di kulit," katanya.

Selain itu, pelekatan yang buruk pada payudara atau isapan yang tak efektif dari Si Kecil juga dapat memotong atau merusak puting yang berpotensi menyebabkan infeksi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang penyebab busui alami mastitis berulang.

[Gambas:Video Haibunda]



APAKAH OBAT MASTITIS YANG AMAN DIGUNAKAN BUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!