sign up SIGN UP search


menyusui

Kisah Langka! Bunda Menyusui ini Alami Mastitis di Ketiak, Berbahaya Enggak Ya?

Sheila Permatasari   |   Haibunda Minggu, 06 Feb 2022 17:48 WIB
Breast Cancer Prevention Concept. A woman suffers from pain in the armpit. Sweating, unpleasant odor, redness, tooth and inflammation in the armpit. caption

Jakarta – Bunda menyusui pasti sudah sangat familier dengan kondisi mastitis atau pembengkakan payudara. Namun, ternyata mastitis bukan hanya bisa terjadi di payudara lho, tapi bisa juga di ketiak Bunda.   

Dilansir dari laman Parents, jaringan payudara tidak hanya terdapat di payudara saja. Ada struktur yang disebut tail of spence yang memanjang di luar payudara menuju ketiak. Karena terhubung ke jaringan penghasil susu utama di payudara, ketiak pun bisa membengkak.

Namun, tidak seperti mastitis yang menyebabkan payudara membengkak dan menjadi kencang, pembengkakan di ketiak sedikit berbeda, Bunda. “Pembengkakan yang terjadi terlihat seperti benjolan berbentuk telur di bawah ketiak,” jelas Andrea Tran, RN, BSN, MA, IBCLC di Colorado, dan ahli di balik situs web Breastfeeding Confidential, dikutip dari laman Parents.


Salah satu Bunda menyusui yang mengalami hal tersebut adalah Linda Jones asal Amerika Serikat. Ibu enam anak yang berusia 39 tahun ini, melahirkan anak kembar tiga pada 10 Januari di usia kehamilan 34 minggu, setelah dirawat di rumah sakit karena tekanan darah tinggi.

Selama menunggu ketiga bayinya dirawat di unit perawatan intensif neonatal (NICU), Jones mulai memompa dengan tekad untuk memberikan ASI Si Kecilnya.

“Beberapa kali pertama saya mencoba memompa, saya mendapat kolostrum,” kata Jones, dikutip dari Today Parents, "Dan kemudian setelah itu, tidak ada yang terjadi. Spesialis laktasi mengatakan kepada saya, 'Oh, terus memompa. Itu akan keluar. Itu akan keluar.' Jadi saya tetap memompa setiap 2-3 jam. Tapi saya hanya memompa udara, tapi tidak ada yang terjadi."

Setelah hari kedua memompa, Jones mulai merasakan payudaranya penuh. Namun, di hari ketiga ketika dia bangun di pagi hari, dia tahu ada sesuatu yang tidak beres.

"Saya sangat kesakitan, ketiak saya penuh, dan payudara saya besar," jelasnya. Jones pun menyadari bahwa ketiaknya telah dipenuhi dengan ASI dan itu membuatnya cemas.

Apa penyebab ketiak bengkak?

Dominique Weiss, perawat dan konsultan laktasi bersertifikat dewan internasional, menjelaskan bahwa jaringan payudara atau mammillary sebenarnya meluas sampai ke ketiak Bunda, itulah sebabnya Jones mengalami pembengkakan di bawah lengannya.

“Itulah mengapa ketika kita melakukan pemeriksaan payudara, kita juga seharusnya memijat dan meraba di bawah lengan kita – jaringan payudara Anda dapat memanjang sampai ke ketiak Anda,” katanya, dikutip dari Today Parents. "Jadi bukan susu yang terjebak di sana. Yang terjadi pada ibu ini adalah dia memiliki lobulus di ketiaknya."

Tips Diet Cynthia LamusuTips Diet Cynthia Lamusu/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

Apa itu lobulus?

Lobulus adalah kelompok penghasil susu di dalam tubuh ya, Bunda. Weiss mengatakan orang tua yang menyusui biasanya memiliki antara 15 dan 20 lobulus per payudara.

"Dalam kasus ibu ini, dia jelas memiliki lobulus di daerah ketiaknya," tambahnya. "Semua wanita memiliki lobulus, tetapi distribusinya unik bagi kita. Sama seperti kita semua berbeda, dan setiap orang memiliki ukuran cup dan bentuk payudara yang berbeda, distribusi lobulus juga bisa berbeda."

Weiss juga mengatakan jumlah lobulus tidak didasarkan pada ukuran payudara, melainkan genetika. Jadi, jangan khawatir ya Bunda, karena tidak semua ibu menyusui akan mengalami pembengkakan di ketiak.

Baca halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak video tentang penyebab busui bisa alami mastitis berulang: 

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGOBATI MASTITIS DI KETIAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!