menyusui

5 Cara Alami Mengatasi Saluran ASI Tersumbat

Melly Febrida Senin, 24 Jun 2019 18:00 WIB
5 Cara Alami Mengatasi Saluran ASI Tersumbat
Jakarta - Ibu menyusui tentu paham bagaimana rasanya jika saluran Air Susu Ibu (ASI) tersumbat. Duh, sakit banget ya, Bun. Kalau sudah begini semua cara bakal dilakukan asal ASI lancar lagi. Ini penting dilakukan untuk menghindari mastitis atau infeksi lainnya. Nah, ada cara alami yang dapat Bunda lakukan guna mengatasinya.

Saluran ASI bisa tersumbat ketika tidak dikosongkan secara teratur. Kondisi ini bermanifestasi melalui pembengkakan payudara, serta ketidakmampuan untuk melepaskan tekanan saat menyusui bayi.




"Ketika salah satu saluran ini tersumbat, ASI pun menumpuk dan membentuk benjolan serta membuat area payudara terasa sakit,"
kata Rowena Bennett, seorang konsultan laktasi.

Beberapa penyebab saluran susu yang tersumbat termasuk masalah posisi, bra yang sangat ketat dan pori-pori puting susu yang tersumbat. Berikut beberapa solusi alami untuk mengatasi saluran ASI yang tersumbat, dilansir Medical Daily.

1. Ubah posisi menyusui

Saluran susu yang tersumbat dapat diatasi dengan hanya mengubah posisi menyusui, Bun. Pastikan rahang bayi secara langsung memberikan tekanan paling besar pada payudara.

2. Gunakan kompres hangat atau mandi air hangat

Saluran susu yang tersumbat itu rasanya sakit banget. Penggunaan kompres hangat atau bahkan mandi air panas, bisa melepaskan sumbatan saluran susu secara efektif. Saat mandi air panas, pastikan air menyentuh bagian yang tersumbat atau terasa kencang.

5 Cara Alami untuk Mengatasi Saluran ASI TersumbatFoto: iStock


3. Pijat payudara dengan minyak kelapa

Memijat payudara juga jadi cara yang bagus untuk melepaskan sumbatan saluran susu. Pastikan untuk menggunakan minyak kelapa sehingga tidak hanya akan melembapkan kulit sensitif, tetapi juga akan melonggarkan sumbatan.

4. Konsumsi bawang putih



Bawang putih bisa menjadi antibiotik. Terkait tersumbatnya saluran susu, Bunda disarankan mengonsumsi bawang putih dengan menghancurkan dan mengkonsumsinya secara langsung. Bunda bisa menambahkan madu atau garam untuk menurunkan rasa yang kuat.

5. Minum jus nanas

Terakhir, konsumsilah nanas. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengolah nanas menjadi jus. Ini bisa membantu mengurangi peradangan yang dapat memicu saluran susu tersumbat.

[Gambas:Video Haibunda]



(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi