sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Edamame untuk Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Kamis, 10 Mar 2022 19:53 WIB
Ilustrasi edamame caption

Tidak ada momen yang lebih bahagia daripada melihat Si Kecil tumbuh dalam gendongan kita, betul kan Bunda? Terlebih di saat-saat menyusui, dimana momen emasnya mendapatkan ASI eksklusif. 

Rasa senang tentunya menggebu, tapi tidak bisa dimungkiri, Bunda juga mengalami kelelahan karena menyusui.

Bunda tentu merasakan rasa lapar yang terus-menerus melanda bukan? Rasa lapar yang terus datang karena banyak kalori Bunda yang terserap menjadi ASI. Untuk itu, sangat penting bagi Bunda untuk memilih menu makanan apa yang dikonsumsi, agar bisa menjadi energi untuk Bunda dan Si Kecil.


Penting untuk Bunda memilih makanan yang padat nutrisi, sehingga bukan hanya Bunda yang sehat, tapi Si Kecil juga ikut sehat. Nah, ada banyak makanan yang dapat membantu Bunda menambah tenaga saat menyusui. Salah satunya adalah edamame.

Apa itu edamame?

Edamame adalah makanan bergizi tinggi yang sering disebut juga kacang kedelai. Tapi, sebenarnya edamame dan kacang kedelai adalah dua hal yang berbeda. Edamame dapat direbus terlebih dahulu, atau dipanggang.

Perbedaannya dengan kacang kedelai adalah edamame direbus sekaligus dengan kulitnya. Sementara kacang kedelai tidak.

Seperti yang dilansir dari Healthline, di Jepang atau Cina, edamame biasanya disajikan di dalam bar atau restoran. Edamame juga banyak dijual di berbagai supermarket di Amerika. Di Indonesia sendiri, edamame biasanya digunakan sebagai camilan, baik dengan cara direbus atau dipanggang.

Jika Bunda yang sedang menyusui ingin memakan cemilan yang enak dan penuh gizi, maka edamame adalah jawabannya. Rasanya manis, creamy saat dimakan, dan teksturnya tidak terlalu renyah.

Selain itu, edamame juga bisa Bunda kombinasikan dalam menu diet Bunda, seperti di dalam salad.

Kandungan edamame

Edamame tidak hanya nikmat, tapi juga memiliki banyak manfaat edamame yang bisa Bunda dapatkan, terlebih jika Bunda sedang menyusui. Berikut adalah kandungan edamame yang bisa Bunda dapatkan seperti yang dilansir dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.

  • Protein
  • Lemak sehat
  • Karbohidrat 
  • Serat
  • Folat
  • Vitamin A, B, C, E, dan K
  • Berbagai mineral, diantaranya adalah zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium.

Ketika menyusui, sangat penting bagi Bunda untuk mendapatkan berbagai asupan nutrisi. Lebih baik lagi jika Bunda bisa mendapatkannya dari satu makanan yang enak dan mengenyangkan seperti edamame.

Menurut Eating Well, Bunda harus mempertimbangkan kandungan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin C. Berbagai nutrisi ini akan banyak membantu Bunda dalam menyusui, karena rasa lapar mungkin akan sering menghantui Bunda.

Dan, edamame adalah salah satu cara mengatasi rasa lapar dengan nutrisi yang sangat padat.

ilustrasi edamameIlustrasi manfaat edamame bagi ibu menyusui/ Foto: iStock

Manfaat edamame untuk menyusui

Kualitas ASI akan sangat mempengaruhi pertumbuhan Si Kecil. Tapi, kelancaran dan banyaknya ASI juga bisa menjadi faktor lainnya agar ASI tetap lancar dan bisa dinikmati Si Kecil. Edamame yang kaya akan nutrisi memiliki manfaat untuk ibu menyusui.

Berikut adalah manfaat edamame untuk ibu menyusui:

1. Menambah tenaga

Seperti yang sudah disinggung di awal, menyusui memang menyenangkan, tapi bohong jika tidak melelahkan. Ada baiknya Bunda mengkonsumsi makanan yang kaya protein untuk menambah tenaga agar tetap bisa menyusui. Edamame yang kaya akan protein dapat membantu Bunda untuk kembali bugar dan terlepas dari rasa lelah berlebihan.

2. Kaya akan nutrisi

Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam edamame bukan hanya bermanfaat bagi Bunda, namun juga bermanfaat bagi Si Kecil.

Kandungan kalium, magnesium, dan berbagai vitamin bisa terserap oleh ASI.

3. ASI menjadi lebih berkualitas

Adanya asam folat dan berbagai nutrisi yang terkandung di dalam edamame dan diserap ke dalam ASI akan membuat ASI lebih berkualitas.

4. Tidak menaikkan kadar gula

Nah, mungkin ini manfaat edamame yang penting. Edamame hampir sama sekali tidak mengancam kadar gula Bunda apabila memang Bunda telah memiliki kadar gula yang tinggi sebelumnya.

Edamame sangat rendah karbohidrat, juga kaya akan protein. 

5. Cocok dijadikan menu diet

Jika Bunda merencanakan diet setelah melahirkan dan saat menyusui, maka tidak ada salahnya memasukkan edamame ke dalam menu diet Bunda.

Itulah manfaat edamame untuk menyusui. Banyak bukan? Selamat mencoba ya, Bunda!

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!