sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, Ini 7 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Menyusui

Inkana Izatifiqa R Putri Selasa, 05 Jan 2021 19:04 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption
Jakarta -

Jakarta - Setiap orang tua tentu ingin yang terbaik bagi anaknya. Seperti halnya para Bunda yang ingin memberikan ASI eksklusif untuk si kecil. Namun, terkadang ada beberapa hal yang membuat produksi ASI sedikit sehingga banyak Bunda yang kesulitan memberikan ASI eksklusif.

Jika hal ini terjadi, Bunda jangan dahulu khawatir dan cobalah untuk mengonsumsi kacang hijau. Pasalnya, ada banyak manfaat kacang hijau untuk ibu menyusui yang bisa Bunda dapatkan.

Nutrisi dalam kacang hijau memang sering sekali disebut mampu meningkatkan produksi ASI. Namun, bukan berarti Bunda bisa mengonsumsi segala jenis kacang hijau, misalnya kecambah kacang hijau atau tauge.


Meskipun sama-sama berasal dari kacang hijau, Food and Drug Administration menyebut kecambah mentah, termasuk tauge, tidak aman untuk dikonsumsi bagi wanita hamil dan menyusui seperti dikutip dari Baby Center. Hal ini karena bakteri seperti Salmonella, Listeria, dan E. coli dapat masuk ke dalam tunas benih melalui retakan pada cangkang kecambah.

Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti keguguran, kelahiran prematur, dan infeksi yang mengancam jiwa bayi, hingga penyakit serius. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi kacang hijau, yang tentunya sudah dimasak matang ya, Bunda.

Lalu, apa saja sih Bun manfaat kacang hijau untuk ibu menyusui? Seberapa bagusnya kacang hijau untuk produksi ASI? Melansir Healthline, berikut manfaat kacang hijau secara umum.

1. Kaya nutrisi untuk produksi ASI

Saat menyusui, Bunda perlu mengonsumsi banyak nutrisi agar produksi ASI meningkat seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan lainnya. Selain itu, kacang hijau juga mengandung nutrisi lain yang dapat melengkapi kandungan gizi Bunda saat menyusui, yakni serat, folat, mangan, kalium, kalori, hingga fosfor.

Kacang hijau juga menjadi salah satu sumber protein nabati terbaik dan kaya asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, dan lisin. Adapun kandungan ini sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil mengingat asam amino esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

2. Mencegah demam dan dehidrasi

Ketika menyusui, kondisi demam dan dehidrasi dapat memperlambat produksi ASI. Kacang hijau mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin yang dapat mencegah serangan panas atau demam hingga dehidrasi.

Hal ini mengingat antioksidan yang bekerja sebagai antiinflamasi membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan suhu tubuh tinggi dan rasa haus.

3. Menurunkan kadar kolesterol buruk

Saat menyusui, beberapa Bunda sering mengalami peningkatan kolesterol. Namun, meningkatnya kolesterol buruk atau LDL meningkatkan risiko terkena penyakit, yang bisa membuat Bunda tak nyaman saat menyusui.

Menariknya, penelitian menunjukkan kacang hijau memiliki khasiat yang dapat menurunkan kolesterol LDL. Kandungan antioksidan pada kacang hijau dapat menurunkan kolesterol LDL darah dan melindungi partikel LDL dari radikal bebas.

Simak 4 manfaat kacang hijau untuk ibu menyusui lainnya di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video cara mencegah mastitis:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19Foto: Mia Kurnia Sari



(som/som)
Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi