sign up SIGN UP search


menyusui

Gunakan 4 Siasat Ini agar Terhindar dari Gigitan Bayi saat Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 27 Mar 2022 10:04 WIB
Newly mother breastfeeding her newborn baby boy while in pain caption

Jakarta - Lagi asyik menyusui, tiba-tiba Si Kecil menggigit. Duh, rasanya sakit banget ya, Bunda. Ingin marah tapi enggak mungkin. Kira-kira, bagaimana ya, cara menghindari bayi menggigit saat disusui?

Menurut Lisa Paladino, CNM, IBCLC, seorang konsultan laktasi, bayi yang baru lahir memang biasanya masih aman saat menyusui. Tetapi, seiring dengan usianya beranjak, menggigit saat menyusui sering kali terjadi.

"Saya sarankan untuk menyesuaikan pelekatan jika terasa bayi menggigit saat menyusu. Posisi berbaring dapat membantu bayi baru lahir membuka lebih lebar untuk menyusui," ujarnya seperti dikutip dari laman Milkology.


Ya, babak bayi menggigit saat menyusu memang hal yang biasa. Namun, Bunda dapat mengubah perilaku ini dengan memilih posisi santai saat menyusui. Kemudian, Bunda juga dapat menyesuaikan pelekatan dan membuka lebar mulut bayi agar pelekatan lebih maksimal dan memberikan bayi penguatan alami tanpa menggigit.

Dalam keseharian, banyak busui yang mengalami hal serupa kok, Bunda. Jadi, Bunda tak perlu merasa sendirian berjuang dengan perilaku bayi tersebut. Bahkan, banyak busui melewati tahap ini saat menyusui selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bertahun-tahun.

Memang, rasanya tidak enak banget ya, Bunda. Selain perih, lama kelamaan luka pun bisa berisiko infeksi jika tidak segera diobati.

Banner Grace Tahir Crazy Rich AsliBanner Grace Tahir Crazy Rich Asli/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Berbagai cara memang bisa dilakukan sebagai tindakan preventif cegah bayi menggigit saat disusui ya, Bunda. Kuncinya, Bunda harus melakukannya perlahan dan tetap bersabar menghadapi perilaku bayi yang memang normal dialami banyak pejuang menyusui di luar sana.

Serta, selalu pastikan bahwa pelekatan yang dilakukan buah hati sudah benar sehingga dapat meminimalisasi luka yang parah saat bayi tiba-tiba menggigit saat disusui.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk video tentang 4 tanda bayi kenyang ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENGHINDARI BAYI MENGGIGIT SAAT DISUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!