sign up SIGN UP search


menyusui

No Drama, 2 Tips Ampuh Atasi Bayi Menggigit Puting Saat Menyusu

Asri Ediyati Sabtu, 14 Nov 2020 10:33 WIB
Young mother breastfeeding at home, bonding with baby child toddler caption
Jakarta -

Bayi menggigit puting saat menyusu merupakan hal yang biasa terjadi. Penyebabnya ada beberapa, namun sebagian besar terjadi karena anak bosan dan sudah kenyang. Untuk itu, penting buat Bunda tahu tanda bayi sudah kenyang ketika menyusu atau bosan.

Lalu, dilansir Babygaga, penyebab umum lainnya adalah tumbuh gigi yang bisa bikin gusi bayi gatal. Alhasil, si kecil menjadikan puting sebagai pelampiasan rasa gatal.

Sementara itu, menurut konselor laktasi Molly Petersen, CLC, bayi menggigit puting juga karena untuk menekan laju ASI agar cepat masuk ke dalam mulutnya.


Nah, ada dua tips ampuh atas bayi mengigit puting saat menyusu nih, Bunda. Berikut tipsnya:

1. Jangan bereaksi secara berlebihan

Jika bayi menggigit saat menyusui, usahakan untuk tidak bereaksi berlebihan. Kita tahu ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tapi itu akan membuahkan hasil dalam jangka panjang.

"Jika Anda memiliki reaksi yang besar, bayi mungkin menganggapnya sebagai permainan dan kemudian terus menggigit untuk terus mendapatkan reaksi," kata Petersen, dikutip dari Motherly.

Reaksi besar terhadap gigitan juga dapat membuat bayi takut, dan mereka mungkin melakukan mogok menyusu, di mana mereka menolak untuk disusui.

2. Tenang, lepaskan puting dari mulut anak

Kunci untuk mengatasi ini semua adalah tenang, jangan terbawa emosi. Jadi, jika dan saat bayi menggigit, katakan dengan tenang dan tegas, "Tidak, itu menyakitkan Bunda."

Lepaskan pelekatan dari payudara dan ulangi, "Tidak, itu menyakitkan ibu." Bunda kemudian dapat menyodorkannya kembali dan melanjutkan menyusui.

Saat Bunda menyusui kembali, Bunda mungkin ingin mengalihkannya ke payudara lainnya. Ini akan memungkinkan Bunda untuk memeriksa kemungkinan kerusakan pada puting dan memberinya sedikit waktu untuk pulih.

"Jika Anda konsisten dengan reaksi menggigit ini, mereka akan segera memahami bahwa menggigit berarti menghentikan sesi makan dan berhenti menggigit," kata Petersen.

Semoga dua tips di atas dapat membantu Bunda mengatasi si kecil yang suka menggigit puting saat disusui ya. Selamat mencoba!

Simak juga cara mencegah mastitis:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi