sign up SIGN UP search


menyusui

7 Penyebab Bayi Menggigit Ketika Disusui, Waspadai Aliran ASI Sedikit

Annisa Karnesyia Minggu, 13 Dec 2020 15:47 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Menyusui bisa menyakitkan dan bikin enggak nyaman bagi sebagian besar Bunda. Hal ini umumnya terjadi ketika bayi menggigit puting ibu saat menyusu.

Rasa enggak nyaman dan menyakitkan seharusnya bukan jadi alasan ibu menghentikan pemberian ASI ya. Kita tetap bisa menyusui kok meski si kecil menggigit puting ibu. Caranya dengan mencari penyebab dan mengatasinya, Bunda.

Menurut konselor laktasi Molly Petersen, CLC, penting bagi ibu mengetahui penyebab bayi menggigit puting ketika menyusui. Jika terjadi di sesi akhir, ibu mungkin perlu mengatur posisi menyusui.


"Pada waktu menyusui berikutnya, pindahkan bayi ke payudara yang berlawanan tepat sebelum dia mulai menggigit puting ibu," kata Petersen, dikutip dari Moms.

Perlu Bunda tahu ya, saat si kecil menggigit puting, sebaiknya kita jangan panik. Usahakan untuk tidak bereaksi berlebihan agar bayi tidak terus-menerus melakukan ini dan menjadikannya kebiasaan.

"Jika ibu menunjukkan reaksi berlebihan, bayi mungkin menganggapnya sebagai permainan dan kemungkinan dia akan terus menggigit karena menyukai reaksi kita," ujar Petersen.

Kebiasaan menggigit puting bisa berdampak buruk pada puting ibu. Puting mungkin mengalami kemerahan, lecet, hingga pecah-pecah.

Untuk mengatasi masalah ini, Bunda bisa menggunakan krim khusus puting. Namun, Jika kondisi ini meninggalkan efek traumatis dan ibu melihat tanda-tanda infeksi, seperti kemerahan, nyeri, dan pendarahan, mungkin membutuhkan perawatan medis.

Pada bayi yang sudah lebih besar dan mengerti ucapan ibu, kita bisa meminta mereka berhenti menggigit. Bila perlu, kita lepaskan pelekatan lalu mulai menyusui lagi untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini.

Bayi menggigit puting ibu bisa disebabkan banyak hal lho, Bunda. Apa saya penyebabnya?

Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA untuk penjelasan lengkapnya ya.

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner susu
(ank/rap)
Penyebab Bayi Menggigit Ketika Disusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi