sign up SIGN UP search


menyusui

7 Fakta Unik ASI Bunda, Termasuk Ampuh Bikin Bayi Lebih Cerdas Lho

Kinan   |   Haibunda Rabu, 11 May 2022 11:50 WIB
Ilustrasi bayi laki-laki caption

Jakarta - ASI merupakan asupan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Dari sekian banyak manfaat ASI untuk bayi, salah satunya yang kerap disebut adalah mampu membuat bayi lebih cerdas. Apakah itu benar? bayi lebih cerdas?

American Academy of Pediatrics (AAP) sangat merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi dan berlanjut setidaknya selama 12 bulan. 

Manfaat ASI sangat penting untuk bayi dan bunda. Bagi si Kecil, konsumsi ASI dapat melindungi terhadap infeksi. Manfaat lainnya yakni mengurangi tingkat risiko masalah kesehatan di kemudian hari, termasuk diabetes, obesitas, dan asma. 


Sementara itu bagi Bunda, menyusui dapat membantu rahim berkontraksi dan pendarahan berhenti lebih cepat setelah melahirkan. Menyusui juga dapat mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium.

Banner Penyebab Janin Menangis dalam Kandungan

Banyak komponen dalam ASI yang membantu melindungi bayi dari infeksi dan penyakit. Protein dalam ASI diketahui juga lebih mudah dicerna daripada susu formula.

Berikut fakta-fakta soal ASI yang perlu Bunda ketahui:

1. Mengandung mineral penting untuk bayi baru lahir

Dikutip dari Women's Health, ASI pada tahap awal disebut kolostrum, yang memiliki kalsium, potasium, protein, mineral, dan antibodi yang dibutuhkan bayi baru lahir.

Di masa ini, bayi hanya membutuhkan beberapa sendok teh ASI saja untuk merasa kenyang. Produksi ASI akan bertambah sesuai dengan kebutuhan bayi, biasanya berkisar dua hingga lima hari setelah lahir.

2. Berpotensi bikin bayi lebih cerdas

Para peneliti menunjukkan bahwa bayi yang setidaknya menyusu selama satu tahun akan tumbuh menjadi jauh lebih cerdas jika dibandingkan dengan bayi yang tidak menyusu.

Salah satu studi menunjukkan menyusui membantu otak berkembang lebih baik. Namun, penelitian ini dilakukan dengan cara yang tidak biasa yakni meneliti bayi yang baru lahir hingga berusia 30 tahun untuk melihat bagaimana realisasinya dalam kehidupan.

“Studi kami memberikan bukti pertama bahwa menyusui yang berkepanjangan tidak hanya meningkatkan kecerdasan hingga setidaknya usia 30 tahun, tetapi juga berdampak baik pada tingkat individu dan masyarakat dengan meningkatkan pencapaian pendidikan dan kemampuan menghasilkan,” kata Dr Bernardo Lessa Horta, dari Federal University of Pelotas di Brasil, dikutip dari Today.

Mother breastfeeding her baby boy in arms, sitting on bed.7 Fakta Unik ASI Bunda, Termasuk Ampuh Bikin Bayi Lebih Cerdas Lho/ Foto: iStock


3. Rasa ASI bisa berubah

Tahukah Bunda bahwa rasa ASI bisa berubah menyesuaikan dengan makanan yang dikonsumsi? Ya, sedikit-sedikit bayi dapat mencicipi rasa makanan yang Bunda makan, lho.

Diyakini bahwa hal ini dapat membuat bayi ASI nantinya lebih mudah mengenal rasa makanan padat saat mulai MPASI. Dengan kata lain, ASI lebih kaya rasa untuk lidah bayi.

4. Tekstur dan warna ASI juga berbeda-beda

Tak cuma rasa, bahkan tekstur dan warna ASI juga tak selalu sama alias menyesuaikan kebutuhan. Ini dikenal dengan nama foremilk dan hindmilk.

Foremilk merupakan ASI yang keluar saat awal bayi mulai menyusu, dengan warna putih kebiruan dan teksturnya lebih encer.

Sementara itu, hindmilk merupakan ASI yang keluar di akhir sesi menyusu, dengan warna agak kekuningan dan lebih kental.

Simak juga ya video tentang 8 manfaat menyusui bagi Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



ASI MAMPU MELAWAN BERBAGAI INFEKSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!