sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Bayi Minum ASI setelah Minum Obat? Simak Penjelasan Dokter

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 25 Nov 2022 12:30 WIB
Ilustrasi menyusui atau menggendong bayi Bolehkah Bayi Minum ASI setelah Mengonsumsi Obat?/Foto: Getty Images/iStockphoto/damircudic
Jakarta -

Berbagai faktor memang dapat membuat kesehatan buah hati terganggu dan membuat mereka perlu mengonsumsi obat ya, Bunda. Bagi bayi yang masih minum ASI, sering kali busui jadi galau dalam kondisi ini karena khawatir kerja obat jadi tidak maksimal. Sebenarnya, bolehkah bayi minum ASI setelah minum obat ya, Bunda?

Saat masih bisa disembuhkan dengan cara alami, biasanya para ibu akan melakukan hal tersebut untuk mengembalikan kesehatan buah hatinya. Permasalahannya, ketika kesehatan buah hati terganggu dan makin menurun selama beberapa hari, mau tak mau pun mereka membutuhkan bantuan medis.

Memang ya, Bunda, kondisi tersebut sering membuat Bunda yang menyusui jadi dilema. Tentu saja sebagai ibu, pasti menginginkan buah hatinya sehat-sehat selalu. Tetapi, apa daya ya, Bunda. Ketika buah hati terganggu kesehatannya, bantuan obat-obatan pun jadi penolong agar kesehatan buah hati kembali seperti semula.


Bolehkah bayi minum ASI setelah minum obat?

Mengenai hal ini, sebaiknya memang Bunda memberikan obat-obatan atas rekomendasi dokter ya, Bunda, dan tidak sekadar membeli obat-obatan bebas di pasaran. Dengan begitu, obat-obatan tersebut dalam pengawasan dokter dan Bunda pun merasa lebih tenang saat obat itu dikonsumsi buah hati.

Permasalahannya, sering kali ibu menyusui merasa bingung dengan kondisi bayi ASI mereka. Ketika bayinya mengonsumsi obat, biasanya mereka tetap ingin menyusu. Nah, sebenarnya boleh enggak ya, bayi minum ASI setelah minum obat, Bunda?

Menurut dr Utami Indra Putri, Konselor Menyusui dan Pemberian Makan Bayi & Anak, saat ini tidak ada larangan untuk menunda pemberian ASI setelah minum obat. ASI dianjurkan untuk terus diberikan lebih sering ketika bayi sedang sakit karena dapat membantu bayi lebih cepat sembuh dari sakitnya.

Klik di halaman selanjutnya untuk informasi selengkapnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 dampak buruk pemberian ASI yang diselingi susu formula.

[Gambas:Video Haibunda]



BOLEHKAH BAYI MINUM ASI SETELAH MINUM OBAT?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!