sign up SIGN UP search


menyusui

ASI hingga Bunga Telang untuk Obati Mata Bayi Belekan, Mitos atau Fakta?

Kinan   |   Haibunda Jumat, 27 May 2022 11:30 WIB
Manual breast pump, mothers breast milk is the most healthy food for newborn baby caption

Jakarta - Pada beberapa kebudayaan di masyarakat Indonesia, percaya jika mata bayi belekan maka salah satu obat alaminya yakni ditetesi ASI. Tapi benarkah ini ampuh atau justru dapat memicu masalah baru pada mata si Kecil?

Pada dasarnya, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa tetesan ASI benar dapat menyembuhkan mata bayi yang belekan lho, Bunda.

Sebuah studi dalam British Journal of Ophthalmology melakukan observasi terhadap 23 bunda yang baru melahirkan di San Francisco. 


Tim peneliti mencari tahu apakah ada efek tetesan ASI terhadap mata belekan pada bayi. Hasilnya, ditemukan bahwa praktik ini justru berisiko memicu infeksi mata serius pada bayi.

Pendapat dokter tentang ASI untuk mata belekan

Konselor laktasi, dr Ameetha Drupadi, CIMI, menjelaskan bahwa informasi tentang ASI dapat mengobati mata belekan pada bayi hanya mitos belaka.

Menurutnya, tidak dibenarkan untuk mengobati mata bayi belekan dengan menetesi ASI, kerena tidak higienis.

"Sebenarnya ASI itu kan nutrisi, kalau kita kasih ke mata malah kotor kan. Sebaiknya kalau anak belekan dibersihkan saja. Kalau bayi baru lahir belekan terus itu karena saluran air matanya masih tersumbat, bukan sakit," ungkap dr Ameetha kepada HaiBunda beberapa waktu lalu. 

Jadi, meskipun ASI kaya manfaat, namun tetap tidak bisa digunakan sebagai obat belekan mata bayi. Faktor kebersihan menjadi alasan utama agar Bunda tidak menggunakan ASI sebagai obat belekan pada mata bayi.

Banner Benarkah Seks Menyakiti JaninBenarkah Seks Menyakiti Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Cara mengatasi mata belekan pada bayi

Dikutip dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), wajar jika bayi baru lahir mengalami masalah mata belekan. 

Kondisi ini biasanya dialami sejak hari-hari hingga minggu pertama usia bayi, baik di satu atau kedua mata sekaligus. Mata bayi tampak lengket, diikuti dengan munculnya warna belek yang kekuningan.

Belekan pada bayi juga dapat disebabkan karena adanya sumbatan pada saluran yang normalnya berfungsi mengalirkan air mata dari sudut bola mata ke hidung, yang kemudian akan menguap seiring dengan adanya udara pernapasan.

Jika terjadi sumbatan, maka air mata tidak dapat dialirkan ke hidung dan menumpuk pada mata, sehingga akan mengering dan membuat mata belekan. 

Simak informasi selengkapnya di halaman berikut!

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Bunda sudah tahu penyebab ASI kental seperti puding? Lihat informasi selengkapnya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PENGGUNAAN BUNGA TELANG UNTUK MATA BAYI, BOLEHKAH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!