sign up SIGN UP search


menyusui

7 Sayuran Hijau yang Ampuh Tingkatkan Produksi ASI Bunda, Termasuk Pare Lho

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 21 May 2022 11:21 WIB
Young beautiful mother, breastfeeding her newborn baby boy at night, dim light. Mom breastfeeding infant caption

Jakarta - Saat memasuki masa menyusui Si Kecil, para ibu tentunya tetap perlu menjaga pola makan demi memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Saat membuat menu makanan sehat, pastinya ada satu bahan yang tak boleh terlupakan ya Bunda, yaitu sayuran.

Wajar saja sebab sebagian besar sayuran memang kaya akan vitamin dan nutrisi. Tetapi ada lho sayuran tertentu yang bila dimakan ibu menyusui mampu menjaga energi tubuh tetap tinggi dan bahkan dapat meningkatkan suplai ASI Bunda.

Suplai ASI yang tinggi tentu akan memudahkan Bunda ya selama menyusui Si kecil. Lalu, sayuran apa saja yang dapat Bunda konsumsi untuk meningkatkan suplai ASI? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa jenis sayuran hijau yang mungkin dapat Bunda makan agar menghasilkan ASI yang berlimpah. Simak berikut ini, ya Bunda.


1. Selada

Selada adalah jenis sayuran rendah kalori dan kaya air yang merupakan tambahan terbaik untuk diet seimbang bagi ibu menyusui. Selada mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng bersama dengan vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, B6, C, E, dan K.

“Zat besi sangat penting untuk ibu menyusui dan bayi. Ini membantu mencegah anemia dan efek kognitif pada bayi yang mungkin terjadi akibat tidak mendapatkan cukup zat besi,” kata Dana Henry RDN, seorang ibu Fetal Medicine Ahli diet dari University of Virginia Health System, dikutip dari laman Romper.

4 Cara Bersihkan AC di Rumah4 Cara Bersihkan AC di Rumah/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

2. Bayam

Bayam adalah sumber kalsium, zat besi, vitamin K, A, dan folat yang baik, menurut Just Mommies. Vegetarian Times memperingatkan bahwa bayam mentah mengandung  asam oksalat, yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting seperti kalsium dan zat besi. Bayam yang dimasak akan memungkinkan Bunda untuk menyerap lebih banyak vitamin A dan E, protein, serat, seng, thiamin, kalsium, zat besi, beta-karoten, dan lutein.

Ketahui sayuran hijau lain yang mampu meningkatkan suplai ASI di halaman berikutnya yuk Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang 4 makanan yang perlu dihindari saat menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



KEMANG SUCI HINGGA PARE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!