sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Tetap Berisiko Tumor Payudara walau Menyusui, Ketahui Gejala Awalnya Yuk

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 26 Jun 2022 15:50 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in public while sitting in a cafe caption

Jakarta - Menyusui merupakan aktivitas yang menyehatkan dan juga memberikan kesehatan pada bayi. Meski demikian, risiko gangguan payudara juga bisa mengintai ya, Bunda, seperti halnya tumor payudara. Yuk, kenali ciri-ciri tumor payudara, Bunda.

Berbagai risiko mengembangkan tumor payudara memang tak dapat dikendalikan. Dalam hal faktor reproduksi, menyusui memang telah terbukti mengurangi risiko pada wanita terhadap kanker payudara, kata Dr Susan Hoover, ahli bedah onkologi dari Breat Oncology Program di Moffitt Cancer Center.

"Satu penelitian yang sangat besar menunjukkan penurunan 4,3 persen dalam risiko relatif perkembangan kanker payudara untuk setiap 12 bulan seorang wanita menyusui," kata Hoover seperti dikutip dari laman Moffitt.


Ulasan besar lainnya juga menunjukkan risiko 14 persen lebih rendah pada wanita yang telah menyusui jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menyusui.

Mungkin sebagian ini karena fakta bahwa saat menyusui, seorang wanita mungkin mengalami keterlambatan dalam siklus menstruasinya yang mengurangi paparan estrogen seumur hidupnya. Hormon seperti estrogen telah dikaitkan dengan peningkatan risiko perkembangan kanker payudara.

Ciri Kandungan Kuat dan SehatCiri Kandungan Kuat dan Sehat/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Meski demikian, risiko tersebut tetap mengintai dan perlu diwaspadai selama menyusui. Ketahui yuk gejala paling umum dari tumor payudara seperti dikutip dari laman Cancer:

1. Muncul benjolan

Gejala paling umum yang kerap muncul yakni adanya benjolan atau massa baru walaupun sebagian besar benjolan payudara kerap dialami busui. 

Dalam hal ini, benjolan yang keras dan tidak nyeri yang memiliki tepi tidak beraturan lebih mungkin menjadi cirinya. Kemudian, bentuknya juga bisa bulat, lunak, atau bahkan menyakitkan, seperti dikutip dari laman Cancer.

2. Payudara bengkak

Gejala lain yang mungkin meliputi yakni pembengkakan seluruh atau sebagian payudara meskipun tidak terasa ada benjolan. Munculnya lesung kulit dimana terkadang terlihat seperti kulit jeruk. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang kisah Marshanda yang mengidap tumor payudara.

[Gambas:Video Haibunda]



CIRI-CIRI TUMOR PAYUDARA, BUSUI PERLU TAHU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!