sign up SIGN UP search

menyusui

Kenali Perbedaan Tumor Payudara Jinak & Ganas, Busui Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 15 Jan 2023 10:50 WIB
Payudara gatal caption
Jakarta -

Ibu menyusui juga tak lepas dari risiko seperti tumor payudara. Kenali tumor payudara jinak & ganas dari ciri, penyebab, jenis, dan pengobatan yang perlu busui tahu.

Ketika mendengar kata tumor, banyak orang berpikir tentang kanker. Namun, faktanya, banyak tumor yang tidak bersifat kanker. Tumor adalah sekelompok sel abnormal. Bergantung pada jenis sel dalam tumor, bisa jadi:

  • Jinak. Tumor tidak mengandung sel kanker
  • Premalignant atau prakanker. Ini mengandung sel-sel abnormal yang berpotensi menjadi kanker.
  • Ganas. Tumor tersebut mengandung sel kanker

Kenali tumor payudara jinak & ganas

Pada tumor jinak sendiri tidak bersifat kanker. Mereka tidak akan menyerang jaringan di sekitarnya atau menyebar ke tempat lain. Meski begitu, mereka dapat menyebabkan masalah serius ketika tumbuh di dekat organ vital, menekan saraf, atau membatasi aliran darah. Tumor jinak biasanya merespons pengobatan dengan baik.


Jenis-jenis tumor jinak

Jenis tumor jinak yang paling umum ialah sebagai berikut:

  • Adenoma

Adenoma atau polip berkembang di sel mirip kelenjar di jaringan epitel, lapisan tipis jaringan yang menutupi kelenjar, organ, dan struktur lainnya. Perawatan tergantung pada lokasi dan ukuran. Beberapa polip usus besar adalah adenoma dan harus diangkat jika menjadi ganas.

  • Fibroid

Fibroid tumbuh di jaringan fibrosa. Fibroid rahim biasa terjadi, memengaruhi 20 hingga 80 persen wanita pada usia 50 tahun. Mereka tidak perlu perawatan. Jika menyebabkan rasa sakit atau masalah lain, dokter dapat mengangkatnya melalui pembedahan.

  • Hemangioma

Ini merupakan sejenis tumor yang terdiri dari pembuluh darah ekstra. Mereka ialah tumor paling umum pada anak-anak. Mereka cenderung lebih sering terjadi pada kulit dan hati. Pada kulit, hemangioma awalnya tampak seperti tanda lahir berwarna merah. Kemudian, lama kelamaan mulai terbentuk gumpalan merah. Meski harus dipantau, hemangioma biasanya tidak menimbulkan masalah dan biasanya menghilang tanpa pengobatan. 

  • Lipoma

Lipoma merupakan tumor yang tumbuh lambat yang terbentuk di jaringan lemak di bawah kulit. Mereka dapat terjadi dimana saja, tetapi terutama di leher, bahu, ketiak, atau badan. Paling umum terjadi di antara usia 40 dan 60. Perawatan tidak selalu diperlukan, tetapi dapat dihilangkan jika orang tersebut merasa terganggu.

Fase berikutnya ada juga yang disebut tumor praganas. Dalam hal ini, tumor jinak belum tentu berubah menjadi tumor ganas. Namun, beberapa berpotensi menjadi kanker jika sel abnormal terus berubah dan membelah tak terkendali, seperti dikatakan Elaine K.Luo, M.D, dikutip dari laman Healthline.

Istilah-istilah berikut menggambarkan beberapa karakteristik yang tidak biasa dari tumor yang berpotensi menjadi tumor ganas:

  • Hyperplasia yakni sel-sel yang tampak normal bereproduksi lebih cepat dari biasanya.
  • Atypia yakni sel tampak sedikit abnormal
  • Metaplasia yakni sel terlihat normal tetapi bukan jenis sel yang biasanya ditemukan di area tubuh.

Karena sulit untuk mengetahui tumor mana yang akan berkembang, jenis massa berikut harus dipantau atau diobati dengan hati-hati:

  • Displasia : sel tampak tidak normal, bereproduksi lebih cepat dari biasanya dan tidak tersusun secara normal.
  • Karsinoma in situ: sel sangat tidak normal tetapi belum menginvasi jaringan terdekat. Ini terkadang disebut kanker stadium 0.
  • Polip usus besar: misalnya seringkali bersifat prakanker. Meskipun bisa memakan waktu 10 tahun atau lebih untuk berkembang menjadi kanker, mereka biasanya diangkat sebagai tindakan pencegahan.

Dan, fase selanjutnya yakni tumor ganas. Tumor ganas dalam hal ini bersifat kanker. Tubuh seperti diketahui secara konstan memproduksi sel-sel baru untuk menggantikan yang lama. Terkadang, DNA rusak dalam prosesnya sehingga sel-sel baru berkembang secara tidak normal. Alih-alih mati, mereka terus berkembang biak lebih cepat daripada yang bisa ditangani oleh sistem kekebalan tubuh, membentuk tumor.

Ilustrasi Payudara NyeriIlustrasi Payudara Nyeri/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Jenis-jenis tumor ganas

Sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor dan berjalan melalui aliran darah atau sistem limfatik ke bagian lain dari tubuh. Jenis-jenis tumor ganas antara lain sebagai berikut:

  • Karsinoma

Kanker yang paling umum ialah karsinoma yang berkembang di sel epitel. 

  • Sarkoma

Sarkoma dimulai pada tulang, jaringan lunak, dan jaringan berserat. Dapat mencakup juga tendon, ligamen, otot, pembuluh darah dan getah bening.

  • Germ cell

Germ cell tumor dimulai pada sel yang menghasilkan telur atau sperma. Mereka kemungkinan besar ditemukan di ovarium atau testis. Dan dapat juga berkembang biak di perut, dada, atau otak.

  • Blastoma

Blastoma dimulai pada jaringan embrionik dan sel yang berkembang di otak, mata, atau batang saraf. Anak-anak lebih mungkin mengembangkan blastoma daripada orang dewasa.

Cara mendiagnosis tumor 

Jika seseorang menemukan benjolan baru atau tidak biasa di tubuh, temui dokter sesegera mungkin. Namun terkadang, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ini merupakan tumor. Biasanya, akan ditemukan selama skrining atau pemeriksaan rutin, atau selama tes untuk beberapa gejala lainnya.

Setelah pemeriksaan fisik, dokter mungkin menggunakan satu atau lebih tes untuk membantu memastikan diagnosis seperti sinar X, USG, CT scan, MRI, tes darah, dan biopsi. Biopsi adalah satu-satunya cara untuk mengkonfirmasi keberadaan kanker. 

Biopsi melibatkan pengambilan sampel jaringan. Lokasi tumor akan menentukan apakah perlu dilakukan biopsi jarum atau metode lain seperti kolonoskopi atau pembedahan. Jaringan akan dikirim ke laboratorium dan diperiksa di bawah mikroskop. Dokter akan menerima laporan patologi. Laporan ini akan memberi tahu dokter apakah jaringan yang diangkat itu jinak, prakanker, atau ganas.

Sebagian besar tumor ganas tumbuh dengan cepat dan kebanyakan tumor jinak tidak. Tetapi, ada contoh tumor kanker yang tumbuh lambat dan tumor non kanker yang tumbuh dengan cepat. Berikut ini perbedaan antara tumor jinak dan tumor ganas ya, Bunda:

Tumor jinak

  • Menyebabkan kompresi area sekitarnya tanpa invasi ke jaringan
  • Tumbuh lambat
  • Tidak menyebar ke bagian tubuh lain
  • Cenderung memiliki batasan yang jelas
  • Mungkin tidak memerlukan perawatan jika tidak mengancam kesehatan
  • Diobati dengan operasi

Tumor ganas

  • Menyerang jaringan sekitar dan jauh
  • Tumbuh cepat
  • Dapat menyebar ke bagian tubuh lain
  • Kekambuhan mungkin terjadi setelah operasi
  • Diobati dengan pembedahan, radiasi, kemoterapi, atau obat imunoterapi.

Bisakah tumor jinak menjadi ganas?

Tumor jinak sangat jarang berubah menjadi tumor ganas. Tetapi beberapa jenis, seperti polip adenomatous atau adenoma di usus besar memiliki risiko lebih tinggi menjadi kanker. Itulah sebabnya polip diangkat selama kolonoskopi. Menghilangkannya ialah salah satu cara untuk mencegah kanker usus besar, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Penentuan apakah tumor jinak atau ganas memandu rencana perawatan. Jika telah didiagnosis dengan tumor ganas, ahli onkologi akan menyusun rencana perawatan berdasarkan stadium kanker. Kanker stadium awal belum banyak menyebar. Kanker stadium akhir telah menyebar ke lebih banyak area tubuh. Setelah stadium kanker ditemukan, barulah dapat dilanjutkan pengobatan. 

Perawatan untuk tumor kanker bergantung pada banyak faktor, seperti lokasi tumor primer dan penyebarannya. Laporan patologi dapat mengungkapkan informasi spesifik tentang tumor untuk membantu memandu pengobatan yang mungkin termasuk operasi, terapi radiasi, kemoterapi, imunoterapi, dan lainnya.

Siapa pun dapat membantu mengurangi risiko kanker dengan membuat pilihan sehat seperti makan dengan benar, tetap aktif, dan tidak merokok. Penting juga untuk mengikuti panduan skrining yang tidak direkomendasikan, yang dapat membantu mendeteksi kanker tertentu sejak dini.

Ingat, semakin awal terdeteksi benjolan, semakin besar kemungkinan tumor tersebut diobati. Jadi, jika melihat sesuatu yang tidak biasa pada tubuh, jangan menunggu untuk segera ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang perjuangan Marshanda obati tumor payudara:

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!