sign up SIGN UP search


menyusui

Daftar Klinik Laktasi di Jakarta Barat, Catat ya Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Jumat, 21 Oct 2022 12:20 WIB
Close up portrait of beautiful young mother asian carrying little baby girl in home and sunlight in the morning. Healthcare, love, relationship concept caption
Jakarta -

Dalam fase menyusui, beberapa wanita kerap kali mendapat kendala pada payudara salah satunya produksi ASI yang sedikit. Padahal pemberian ASI pada Si Kecil sangatlah penting untuk tumbuh kembangnya.

Banyak juga wanita yang belum mengerti bagaimana menyusui dengan benar ataupun informasi tentang menyusui secara lebih dalam. Maka dari itu, sangat penting bagi Bunda untuk berkonsultasi untuk mendapatkan edukasi mengenai laktasi.

Pentingnya pengetahuan tentang laktasi

Laktasi merupakan proses memproduksi dan melepaskan susu dari kelenjar susu di payudara. Ini dimulai pada kehamilan ketika perubahan hormonal memberi sinyal pada kelenjar susu untuk membuat susu sebagai persiapan untuk kelahiran bayi. Laktasi akan berakhir setelah tubuh berhenti memproduksi susu ya Bunda.


Memberi makan bayi langsung dari payudara disebut menyusui, tapi ibu juga bisa memberi susu bayi pada Si Kecil dengan susu yang sebelumnya telah diperas atau pompa dari payudara dan disimpan dalam botol.

Bagian payudara yang menghasilkan ASI

Melansir laman MyClevelandclinic.org, ASI berasal dari kelenjar susu yang ada di dalam payudara. Kelenjar ini memiliki beberapa bagian yang bekerja sama untuk memproduksi dan mengeluarkan susu.

1. Alveoli

Kantong kecil seperti anggur ini menghasilkan dan menyimpan susu. Sekelompok alveoli disebut juga lobulus dan setiap lobulus terhubung ke lobus.

2. Saluran susu

Setiap lobus terhubung ke saluran susu. Bunda dapat memiliki hingga 20 lobus dengan satu saluran susu untuk setiap lobus. Kemudian, saluran susu membawa susu dari lobulus alveoli ke area puting.

3. Areola

Areola merupakan area gelap di sekitar putting, memiliki ujung saraf sensitif yang memungkinkan tubuh untuk mengetahui kapan harus mengeluarkan susu dan untuk mengeluarkan ASI, seluruh areola membutuhkan stimulasi.

Klik halaman berikutnya untuk tahu daftar klinik laktasi di Jakarta Barat.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang mengenal metode induced lactation, bisa menyusui tanpa hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



DAFTAR KLINIK LAKTASI DI JAKARTA BARAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!