sign up SIGN UP search


kehamilan

Ketahui Letak Kepala Janin Usia 5 Bulan saat Rahim Masih Terasa Luas bagi Si Kecil

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 18 Sep 2022 09:40 WIB
Beautiful woman holding her pregnant belly by the window Ketahui Letak Kepala Janin Usia 5 Bulan saat Rahim Masih Terasa Luas /Foto: Getty Images/iStockphoto/SunnyVMD
Jakarta -

Letak kepala janin usia 5 bulan banyak membuat penasaran ibu hamil. Nah, kira-kira, posisinya sudah di mana ya, Bunda?

Di usia 5 bulan, biasanya bayi memang mulai memberikan respons yang menggemaskan meski masih dalam kandungan. Ya, ibu hamil di usia ini biasanya merasakan energi dari janin yang kerap memberikan gerakan dari dalam perut termasuk adanya tendangan.

Secara perkembangan, janin sendiri pada usia 5 bulan biasanya berukuran sekitar 6 atau 7 inci dari ubun-ubun ke bagian bokong. Kemudian, janin juga mulai menumbuhkan vernix caseosa yakni lapisan tebal seperti susu yang melindungi kulit dari cairan ketuban tempat mereka berenang-renang. 


Letak kepala janin usia 5 bulan

Selain itu, di usia 5 bulan juga, janin di tahapan ini mulai tangkas. Mereka belajar bagaimana mengisap ibu jari, memutar di rahim (lebih dari beberapa detik), menguap, berkedip, dan bereaksi terhadap rangsangan luar seperti suara super keras, seperti dikutip dari laman Healthline.

Secara gerakan, Bunda juga mungkin mulai merasakan bayi di dalam perut bergerak-gerak. Tetapi, mungkin gerakan tersebut belum terlalu ekstrem dirasakan. Pada sebagian besar kehamilan pertama, Bunda biasanya akan merasakan gerakan yang disebut quickening, di sekitar usia 16 hingga 20 minggu. Tetapi, semua bayi tentunya berbeda ya, Bunda. Dan, tidaklah selalu mudah mengenali apa yang Bunda rasakan terutama pada kehamilan pertama.

Sementara itu, jika ini bukan kehamilan pertama, biasanya gerakan tersebut mulai muncul pada 13 atau 14 minggu, meskipun tidaklah selalu bisa dijadikan patokan. Ukuran dan posisi bayi serta penempatan plasenta juga membuat Bunda lebih sulit merasakan gerakan.

"Walaupun sudah mulai merasakan sesuatu dari janin, Bunda belum harus menghitung tendangan bayi secara resmi yang biasanya dimulai pada 28 minggu. Tetapi, jika Bunda khawatir karena alasan apa pun tentang gerakan bayi, sebaiknya bicarakan dengan dokter," ujar Valinda Riggins, MD, MPH.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang jenis vitamin yang diperlukan ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
LETAK KEPALA JANIN USIA 5 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!