sign up SIGN UP search


menyusui

Meski Lebih Mudah, Menyusui Bayi yang Dibedong Ternyata Berbahaya Lho

Siti Masitoh   |   Haibunda Minggu, 18 Sep 2022 07:10 WIB
Young mother holding her newborn baby who sleep first days of life at hospital, love and Mother’s Day concept. Meski Lebih Mudah, Menyusui Bayi yang Dibedong Ternyata Berbahaya Lho/Foto: Getty Images/iStockphoto/sommart
Jakarta -

Bayi yang baru lahir biasanya akan dibedong ya Bunda. Bedong adalah sebuah cara tradisional untuk bayi baru lahir. Biasanya bayi akan dibalut menggunakan selimut atau kain bedong.

Membedong bayi dianggap akan membuat Si Kecil merasa lebih nyaman, hangat, dan terlindungi seperti saat berada di dalam rahim Bunda.

Namun, bagaimana bila sudah tiba waktunya disusui bayi masih dalam keadaan dibedong? Apakah boleh menyusui bayi saat ia menggunakan bedong? Simak penjelasannya berikut ini yuk Bunda.


Bolehkah menyusui bayi yang dibedong?

Melansir laman Romper.com, ada beberapa alasan untuk tidak menyusui bayi dalam bedong. Menurut dr. Alexander Hamling, melepaskan tangan Si Kecil dapat membantu mekanisme menyusui atau pemberian susu botol.

"Lengan bayi dapat menggenggam payudara dan membantu mengontrol sudut dan mendorong keluarnya payudara," kata Hamling. Selain menghindari bedong, disarankan agar orang tua juga membuang sarung tangan bayi dan baju lengan panjang.

Alasan kenapa orang tua lebih menyukai menyusui dengan bayi yang dibedong adalah karena hal itu bisa membantu bayi merasa tenang dan mengantuk. Orang tua yang membedong anaknya harus sangat berhati-hati untuk memastikan bayi mereka mendapatkan makanan yang cukup karena membedong dapat membuat bayi tidur lebih lama.

Memang terlihat menguntungkan bagi orang tua baru yang kelelahan, tapi dengan membedong Si Kecil bisa mendapat masalah jika tidur terlalu lama dan tidak cukup makan. Jangan sampai Si Kecil merasa dehidrasi dan mengalami penambahan berat badan yang lambat karena itu bisa berbahaya.

Melansir laman Parentalquestions.com, alasan utama untuk tidak memberi makan bayi yang baru lahir sambil membedongnya adalah karena bayi akan menjadi terlalu panas.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu lebih lanjut tentang menyusui bayi yang dibedong.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 tips atasi bayi tersedak saat menyusu.

[Gambas:Video Haibunda]



LANGKAH-LANGKAH MEMBEDONG BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!