sign up SIGN UP search


menyusui

6 Manfaat Mandi ASI untuk Kulit Bayi, Mampu Lindungi Si Kecil dari Infeksi Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 17 Oct 2022 07:10 WIB
Perhatikan 5 Hal Ini saat Memakai Bak Mandi Bayi agar Tetap Aman caption
Jakarta -

Air susu ibu atau ASI memang dikenal memiliki berjuta manfaat untuk tumbuh kembang bayi. ASI mengandung beragam nutrisi yang juga mampu melindungi bayi dari berbagai virus.  

Selain sangat bermanfaat untuk diminum Si Kecil, ASI juga bisa digunakan untuk memandikan bayi lho Bunda. Meski terdengar asing, memandikan Si Kecil dengan ASI memiliki manfaat lho, mulai dari melembapkan kulit bayi, mengurangi rasa gatal dan kering, hingga memperbaiki kulit bayi seperti eksim.

Manfaat mandi ASI untuk bayi

Mandi ASI pada dasarnya menambahkan ASI ke air mandi Si Kecil. Kemudian, digunakan untuk bayi berendam di bak mandi dan membersihkannya seperti biasa.


Mandi ASI ini dapat membantu mengatasi masalah kulit karena ASI memiliki banyak khasiat yang menyehatkan, melindungi, dan menyembuhkan baik bagian dalam maupun di luar Si Kecil. Melansir laman Momjunction, terdapat enam manfaat mandi ASI: 

1. Melembapkan kulit bayi

Mandi ASI bisa membantu melembapkan kulit karena ASI mengandung asam lemak seperti asam oleat, asam palmitat dan asam linolenat. Asam lemak ini dapat berfungsi sebagai penghalang pada kulit dan mengunci kelembapan sehingga kulit tidak kering, Bunda.

2. Melindungi kulit bayi dan tubuh dari patogen

Manfaat berikutnya, mandi ASI bisa melindungi kulit dan tubuh dari patogen karena ASI mengandung beberapa antibodi sekaligus memiliki sifat anti infeksi yang kuat. Antibodi ini bagus untuk mencegah invasi patogen pada luka kecil dan memar pada tubuh Si Kecil.

Selain itu, asam lemak tersebut juga berperan dalam menghilangkan bakteri yang disebut Staphylococcus Aureus yang memang terdapat pada kulit.

Klik halaman berikutnya untuk tahu 4 manfaat lainnya mandi ASI bagi bayi.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang mengenal manfaat ASI matur:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT MANDI ASI UNTUK BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!