sign up SIGN UP search


menyusui

11 Cara Membesarkan Payudara Alami dan Merawatnya agar Tak Kendur

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 20 Aug 2022 12:16 WIB
Ilustrasi Memperbesar Payudara caption
Jakarta -

Cara membesarkan payudara dapat dilakukan Bunda yang merasa tidak puas dengan penampilan. Namun, cara ini juga bisa dilakukan sebagai upaya merawat area payudara agar lebih sehat, Bunda.

Sebuah studi terhadap hampir 20.000 wanita pada lebih dari 40 negara, menemukan bahwa 71 persen wanita tidak puas dengan beberapa aspek di payudara mereka. Dari mereka yang tidak puas, 47,5 persen menginginkan payudara yang lebih besar. Studi tahun 2020 tersebut diulas di laman Science Direct.

Pilihan untuk membesarkan payudara ada di tangan setiap Bunda. Beberapa mungkin merasa nyaman dengan penampilan tanpa harus mempedulikan ukuran payudara. Namun, ada pula yang merasa enggak percaya diri.


"Payudara yang lebih besar diinginkan oleh wanita di segala usia dan menjadi ukuran untuk kecantikan, harga diri, dan feminitas," kata Jason R. McKnight, MD, MS, seorang dokter kedokteran keluarga dan asisten profesor klinis di Texas A&M College of Medicine, dilansir Insider.

banner batas usia wanita hamil

Tahukah Bunda? Rata-rata ukuran payudara dapat berubah sebanyak enam kali sepanjang siklus hidup wanita. Nah, Bunda dapat menghindari perubahan bentuk, seperti kendur, dengan cara alami.

Lalu bagaimana cara untuk mencegah payudara kendur atau membesarkan payudara? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini ya, Bunda.

Cara membesarkan payudara

Melansir dari berbagai sumber, berikut 10 cara membesarkan payudara:

1. Latihan push up

Latihan push up dapat membantu memperkuat otot-otot dada yang terletak di bawah payudara, Bunda. Awalnya, latihan ini mungkin akan sedikit melelahkan, tapi hasilnya bisa membantu membesarkan payudara secara alami lho.

Intensitas push up untuk membesarkan payudara

Mulailah dengan 10 kali push up dalam 2 sampai 3 set setiap hari. Bunda dapat meningkatkan jumlahnya saat tubuh sudah terbiasa dengan latihan ini.

2. Latihan dumbbell chest press

Latihan dumbbell chest press dapat dilakukan rutin di rumah. Bunda hanya perlu menyiapkan dumbbell untuk melakukan gerakan ini.

Dilansir Healthline, dumbbell chest press bertujuan memperkuat otot di daerah dada, bahu, dan trisep. Latihan ini dapat dilakukan sebanyak 2 sampai 3 set setiap hari.

Langkah-langkah dalam latihan dumbbell chest press

  • Setiap tangan dapat memegang dumbbell dengan beban yang bisa Bunda angkat minimal 8 kali.
  • Bunda dapat berbaring dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata di lantai dengan sedikit terpisah antara kaki.
  • Pertahankan kepala di lantai dan mulailah mengangkat dumbbell dengan merentangkan tangan di atas dada dan telapak tangan menghadap jauh dari wajah ya, Bunda.
  • Pertahankan gerakan itu dengan merasakan tekanan di perut sampai ke tulang belakang.
  • Perlahan-lahan turunkan siku sampai sejajar dengan lantai.
  • Berhenti sebentar, lalu ulangi gerakan yang sama hingga 8 sampai 12 kali dan lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali.

3. Latihan plank atas-bawah untuk membesarkan payudara

Plank atas-bawah adalah latihan untuk payudara yang juga mudah dilakukan. Latihan beban ini juga baik untuk kesehatan jantung, Bunda.

Latihan plank ini mirip push up tapi Bunda tak perlu menurunkan badan bersamaan sampai mendekati lantai. Bunda hanya perlu tidur tengkurap lalu mengangkat badan dengan kedua tangan menyangga lantai.

Kemudian, turunkan siku kanan-kiri secara bergantian di lantai, lalu luruskan kembali lengan. Ulangi gerakan ini selama 20 sampai 30 detik untuk 3 set.

4. Pijat payudara dengan minyak zaitun

Bunda dapat melakukan pijat payudara dengan minyak zaitun untuk membuat tampilannya lebih besar. Pijat payudara bisa membuat peredaran darah lancar.

Manfaat minyak zaitun untuk membesarkan payudara

Dilansir Style Craze, minyak zaitun mengandung oleuropein yang dapat meningkatkan kadar IGF. Dalam sebuah penelitian pada hewan, kadar IGF yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan ukuran payudara, Bunda.

Secara umum, minyak zaitun adalah sumber antioksidan yang memiliki efek anti-penuaan. Artinya, minyak zaitun dapat digunakan untuk memperlambat proses kendur payudara. Meski bermanfaat, sebaiknya Bunda jangan terlalu sering menggunakan minyak zaitun untuk pijat ya.

5. Pijat payudara dengan rose oil

Rose oil telah dipercaya bagus untuk kesehatan kulit. Bunda dapat menggunakan minyak ini untuk pijat area payudara nih.

Rose oil kaya akan monoterpenoid yang disebut geraniol. Konsentrasi yang tinggi pada senyawa geraniol sering dianggap sebagai obat untuk pembesaran payudara.

Meski begitu, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa konsentrasi geraniol dalam rose oil aman atau efektif dalam membesarkan payudara. Tapi, setidaknya rose oil dapat memerangi tanda-tanda penuaan karena sifat antioksidannya.

6. Konsumsi makanan mengandung fitoestrogen

Fitoestrogen adalah senyawa yang secara alami terdapat pada tumbuhan. Mengonsumsi makanan yang kaya fitoestrogen akan membantu untuk meningkatkan ukuran payudara.

Makanan mengandung fitoestrogen

Berikut makanan mengandung fitoestrogen yang berguna untuk mengencangkan payudara:

  • Kenari
  • Teh hitam
  • Teh hijau
  • Semangga
  • Anggur merah
  • Rasberi
  • Kacang hijau
  • Plum kering
  • Kecambah kedelai

7. Konsumsi makanan kaya lemak sehat

Makanan kaya lemak yang sehat juga dapat membantu membesarkan payudara. Tapi, Bunda juga perlu melakukan latihan yang tepat untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Bunda disarankan untuk melakukan olahraga selama mengonsumsi makanan kaya lemak sehat. Sebab bila tidak dilakukan, berat badan Bunda juga akan bertambah karena hanya makan lemak sehat saja.

Makanan kaya lemak sehat

Berikut daftar makanan yang kaya akan lemak sehat:

  • Minyak zaitun
  • Alpukat
  • Ikan
  • Kacang-kacangan
  • Telur

8. Masker dan pijat payudara dengan lidah buaya

Cara membesarkan payudara yang paling baik adalah dengan memperkuat jaringan di sekitarnya. Bunda dapat menggunakan masker lidah buaya untuk mengencangkan kulit payudara kendur.

Lidah buaya memiliki sifat untuk mengencangkan kulit, Bunda. Selain itu, lidah buaya juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan.

Lidah buaya untuk masker dan pijat payudara

Berikut langkah-langkah menggunakan gel lidah buaya untuk masker payudara:

  • Ambil dan sisihkan gel lidah buaya segar.
  • Oleskan gel lidah buaya.
  • Pijat dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.

9. Masker mentimun dan kuning telur

Mentimun bisa digunakan sebagai masker payudara karena berfungsi untuk meremajakan sel-sel kulit dan mengencangkan kulit kendur. Sedangkan, kuning telur kaya akan nutrisi yang dapat membantu memperkuat jaringan payudara agar kembali kencang.

Cara membuat masker untuk payudara

  • Campurkan setengah parutan mentimun dan 2 kuning telur.
  • Oleskan campuran tersebut ke payudara.
  • Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air.
  • Ulangi prosedur tersebut 2 sampai 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

10. Cara membesarkan payudara: memperbaiki postur tubuh

Bunda perlu memperbaiki postur tubuh bila ingin mengubah tampilan payudara. Postur tubuh yang salah bisa menyebabkan payudara kendur atau turun lebih cepat lho.

"Otot dan ligamen dapat mengendur karena postur tubuh yang buruk, dan menyebabkan payudara kendur. Mempraktikkan postur tubuh yang benar, terutama saat duduk, sangatlah penting," kata Dr. Surabhi Siddhartha, konsultan dokter obstetri dan ginekologi, Motherhood Hospital, Kharghar, Mumbai, dikutip dari Health Shots.

Biasakan untuk duduk dan berdiri dengan postur yang baik ya, Bunda. Pertahankan postur ini selama kehamilan hingga menyusui. Selain itu, hindari postur yang terlalu membungkuk atau condong ke depan.

11. Menerapkan gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup yang sehat bisa memengaruhi bentuk payudara. Ada beberapa gaya hidup yang rentang menyebabkan payudara kendur dan turun.

Hindari kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat menurunkan elastisitas di bagian payudara karena menghambat produksi kolagen. Selain itu, merokok juga bisa mengurangi suplai darah ke permukaan kulit payudara.

Rutin olahraga untuk membesarkan payudara

Gaya hidup sehat lainnya adalah rutin berolahraga. Bunda dapat menerapkan latihan push up dan plank untuk melatih otot-otot di bagian atas yang menyangga payudara. Selama olahraga, jangan lupa gunakan bra yang dapat menyokong payudara ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tips mencegah payudara kendur usai menyapih, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!