sign up SIGN UP search


menyusui

5 Susu Ibu Menyusui untuk Naikkan Berat Badan, Ada yang Bisa Dibuat di Rumah

Arina Yulistara   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 12:51 WIB
Susu ibu menyusui Susu ibu menyusui/ Foto: iStockphoto

Jakarta - Sebagian wanita ingin berat badan bertambah saat menyusui. Namun beberapa wanita justru berkurang berat badannya selama masa menyusui.

Menurut dokter laktasi, dr.Asti Praborini, Sp.A, IBCLC., menyusui memang bisa membuat berat badan turun dengan sendirinya. Alasan utama karena kalori yang tersimpan dalam tubuh Bunda ditransfer ke si kecil dengan cara menyusui.

“Berat badan ibu yang menyusui memang lebih cepat turun dibandingkan ibu yang tidak menyusui. Hal tersebut adalah karena seluruh zat dalam tubuh ibu, termasuk lemak, ditransfer ke bayi melalui ASI,” ujar dr.Asti Praborini, Sp.A, IBCLC, selaku dokter laktasi seperti dilansir dari detikcom.


Bagaimana cara ibu menyusui untuk menaikkan berat badan? Coba minum susu, Bunda. 

Ada beberapa jenis susu ibu menyusui untuk menaikkan berat badan karena kaya akan nutrisi. Berikut ragam jenis susu ibu menyusui untuk menaikkan berat badan yang penuh nutrisi. 

1. Susu gandum

Salah satu jenis susu ibu menyusui untuk menaikkan berat badan adalah susu gandum. Jenis susu ibu menyusui untuk menaikkan berat badan satu ini memiliki cita rasa lezat yang creamy dan mengandung lemak sehat.

Kandungan protein dan karbohidrat dalam susu ibu menyusui untuk menaikkan berat badan tersebut mirip dengan ASI, Bunda. Salah satu jenis susu ibu menyusui untuk menaikkan berat badan yang paling sehat mengandung barley atau jelai. 

Banner Cara Membuat Infused Water

Bunda bisa memanfaatkan jelai untuk dijadikan susu. “Barley adalah sumber makanan kaya beta-glukan, polisakarida yang telah terbukti meningkatkan kadar prolaktin (dikenal sebagai hormon menyusui) pada manusia dan hewan,” jelas Alicia C. Simpson, International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC) sekaligus ahli diet di Atlanta, seperti dikutip dari Today’s Parent.

2. Susu kedelai

Selanjutnya ada susu kedelai sebagai jenis susu ibu menyusui untuk menaikkan berat badan. Konsumsi susu kedelai setiap hari yang bisa memberikan ragam nutrisi karena kandungan isoflavon atau fitoestrogennya.

Susu kedelai juga dipercaya bisa membantu meningkatkan produk ASI karena kandungan vitamin B6 di dalamnya. Vitamin B6 bisa membantu meningkatkan suasana hati sehingga produksi hormon oksitosin pun melimpah saat menyusui. 

Selain itu, hormon oksitiosin juga bisa memicu ASI keluar deras karena melimpah saat menyusui. Ini karena perasaan senang, bahagia, dan sayang dari ibu menyusui.

Simak jenis susu lain yang bisa busui konsumsi untuk meningkatkan berat badan di halaman selanjutnya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga daftar makanan yang wajib dikonsumsi busui seperti ulasan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SUSU KACANG HINGGA SANTAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!