sign up SIGN UP search


menyusui

Amankah Alpara Untuk Ibu Menyusui? Simak Manfaat & Dosis Penggunaannya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 20 Nov 2022 07:10 WIB
Ilustrasi Ibu Menyusui Alpara Untuk Ibu Menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/FatCamera

Alpara untuk ibu menyusui banyak diandalkan saat imunitas sedang menurun dan busui terserang flu. Nah, kira-kira, penggunaan yang aman saat menyusui seperti apa ya, Bunda?

Tentunya Bunda tahu bahwa mengonsumsi obat saat sedang menyusui memang tidak bisa sembarangan. Sebab, ada Si Kecil yang menyusu ya, Bunda. Sementara, obat yang dikonsumsi tetap saja bisa berpengaruh pada ASI yang diasup Si Kecil. Karenanya, Bunda perlu berhati-hati sebelum mengonsumsi obat-obatan selama menyusui.

Alpara untuk ibu menyusui sendiri biasanya digunakan untuk meredakan flu dan batuk. Komposisi Alpara sendiri terdiri dari Acetaminophen, Chlorpheniramine Maleate, Dexttromethorphan hydrobromide, Phenylpropanolamine hydrochloride.


Alpara sendiri merupakan analgesic-antipyretic. Obat ini memiliki aksi analgesin, antipiretik dan antiinflamasi. Alpara biasa diresepkan untuk mengatasi nyeri lemah dan intensitas sedang dari berbagai asal termasuk sakit kepala, migrain, sakit gigi, neuralgia myalgia, dan lainnya. 

Pada orang dewasa dan remaja dengan berat badan lebih dari 60 kg, digunakan dalam dosis tunggal 500 mg, yang dapat dikonsumsi hingga 4 kali sehari dengan durasi maksimum pengobatan 5-7 hari.

Efek samping dari konsumsi Alpara sendiri dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan (jarang), dyspepsia (penggunaan jangka panjang dengan dosis tinggi) efek hepatotoxic, methemoglobinemia, disfungsi ginjal dan hati, anemia hipokromik. Reaksi alergi (jarang) seperti ruam kulit dan gatal-gatal.

Pihak Alpara mengklaim bahwa sejauh ini pengamatan menunjukkan bahwa obat ini (acetaminophen) tidak ada efek samping  pada kehamilan dan menyusui. Alpara sendiri diekskresikan dalam ASI, kandungan dalam ASI ialah 0,04-0,23 persen dari dosis yang dikonsumsi.

Namun tetap perlu diingat bahwa penggunaan Alpara selama kehamilan dan menyusui memang harus hati-hati. Jika terpaksa harus meminumnya, pertimbangkan potensi manfaat untuk ibu dan potensi risiko pada janin atau bayi, seperti dikutip dari laman Ndrugs.

Saat flu ataupun batuk ketika menyusui, memang ada batasan saat terkait obat. Bahkan, ada beberapa obat yang harus dihindari sama sekali ya, Bunda. Selain itu, Bunda juga perlu mengetahui dosis yang aman selama mengonsumsinya, seperti dikutip dari laman Singlecare.

Sebagian besar, tidak apa-apa bagi ibu menyusui untuk minum banyak obat flu biasa. Banyak dari ibu mungkin menggunakannya untuk  meringankan gejala seperti dekongestan, penekan batuk, dan pereda nyeri dimana umumnya dianggap aman.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga efek samping ibu menyusui minum antibiotik dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DOSIS DAN PENGGUNAAN ALPARA YANG AMAN UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!