sign up SIGN UP search


menyusui

Tak Usah Stres bila ASI Tiba-tiba Mampet, Coba 5 ASI Booster Ini untuk Mengatasinya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 02 Sep 2022 11:55 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

ASI mampet menjadi salah satu permasalahan dalam menyusui anak. Bila tidak segera diatasi, produksi ASI bisa terhambat dan anak bisa menjadi kekurangan nutrisi, Bunda.

ASI mampet bisa disebabkan beberapa hal. Salah satu di antaranya adalah sumbatan di saluran ASI yang menghalangi susu keluar. Perlu diketahui, saluran ASI dapat tersumbat bila payudara tidak dikosongkan dengan baik.

Kondisi ASI mampet dapat diatasi dengan melakukan manajemen menyusui yang tepat. Selain itu, Bunda juga dapat mengonsumsi booster untuk membantu melancarkan ASI.


Manfaat ASI booster

Bunda bisa mengonsumsi ASI booster untuk mengatasi masalah produksi ASI. ASI booster adalah sebutan untuk makanan atau minuman tertentu yang dipercaya bisa memperlancar ASI.

Kini, ASI booster bisa Bunda dapatkan juga dengan mengonsumsi suplementasi. Sudah banyak suplemen ASI booster dijual di pasaran untuk menyesuaikan kebutuhan ibu menyusui atau busui.

Kandungan utama ASI booster dikenal juga dengan istilah galaktagog atau galactagogue. Kata galactagogue berasal dari bahasa Yunani 'galacta', yang berarti susu.

Galactagogue merupakan zat yang dapat meningkatkan suplai ASI. Kandungan galactagogue dapat ditemukan dari bahan-bahan herbal, seperti fenugreek, daun katuk, daun torbangun, dan beberapa jenis makanan lainnya.

Konsumsi ASI booster mengandung galactagogue memang bisa meningkatkan suplai ASI. Tapi, kualitas ASI dapat meningkat bila dibarengi juga dengan rutin menyusui buah hati, Bunda.

Perlu diketahui, beberapa jenis galactagogue akan bekerja lebih baik dalam situasi tertentu. Tapi, beberapa di antaranya mungkin tidak akan memberikan efek apa pun.

Selain itu, bahan herbal yang disebut galactagogue juga kemungkinan memiliki efek samping bila berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Nah, jadi sebelum mengonsumsi ASI booster terutama suplemen, Bunda sebaiknya konsultasi dulu ke dokter laktasi atau konsultan laktasi ya.

Produk ASI booster yang dijual di e-commerce bisa menjadi pilihan untuk membantu mengatasi ASI mampet. Baca halaman berikutnya untuk mengetahui rekomendasi ASI booster untuk meningkatkan produksi ASI, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga kata dokter tentang baby blues dan produksi ASI, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

REKOMENDASI ASI BOOSTER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!