sign up SIGN UP search


menyusui

8 Perubahan pada Puting Payudara saat Menyusui, Termasuk Warnanya yang Menggelap

Siti Masitoh   |   Haibunda Selasa, 15 Nov 2022 12:20 WIB
obat puting lecet ibu menyusui 8 Perubahan pada Puting Payudara saat Menyusui, Termasuk Warnanya yang Menggelap/Foto: Getty Images/iStockphoto/Zurijeta
Jakarta -

Saat menjalani masa menyusui, Bunda tentu memperhatikan adanya perubahan pada kondisi puting payudara, termasuk bentuk dan warnanya.

Setelah melahirkan, puting payudara memang akan mengalami perubahan menjadi lebih lebar dan warnanya menggelap. Apakah kondisi itu hanya terjadi selama menyusui dan akan kembali seperti semula?

Perubahan puting payudara saat menyusui

Sherry A. Ross, MD, ahli kesehatan wanita dan penulis She-ology: The Definitive Guide to Women's Intimate Health, dikutip pada Todaysparent mengungkapkan beberapa perubahan puting yang mungkin Bunda alami saat menyusui.


1. Puting berubah warna

Menyusui bisa saja membuat puting Bunda mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap kecokelatan. Ini adalah kondisi yang wajar ya Bunda, tapi jika puting menjadi putih setelah menyusui, ini disebut sebagai blansing. Hal itu bisa menjadi tanda bahwa Si Kecil tidak menempel dengan baik dan memotong suplai darah ke puting.

2. Puting lecet, pecah-pecah, atau berdarah

Pelekatan yang kurang tepat juga menyebabkan ibu menyusui mengalami puting lecet, pecah-pecah, dan berdarah. "Jika bayi melekat dengan baik, Anda seharusnya tidak mengalami keretakan atau pendarahan,” kata Taya Griffin, konsultan laktasi di Toronto. Jadi, jika Bunda merasa kesakitan saat menyusui, cobalah pergi ke konsultan laktasi untuk membantu pelekatan dengan Si Kecil.

3. Milk blister

Milk blister bisa berwarna putih, kuning, atau bening dan terlihat seperti jerawat pada puting. Ini bisa sangat menyakitkan dan disebabkan oleh susu yang tertahan di belakang lubang saluran susu.

Ini bisa menyebabkan saluran tersumbat dan berpotensi mastitis dan infeksi payudara. Milk blister bisa diobati di rumah dengan waslap hangat dan larutan garam, tapi jika tidak hilang Bunda bisa temui dokter atau konsultan laktasi.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tau lebih lanjut penyebab puting berubah saat menyusui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 alat bantu menyusui untuk Bunda dengan puting tenggelam.

[Gambas:Video Haibunda]



PERUBAHAN PUTING PAYUDARA SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!