sign up SIGN UP search

menyusui

ASI Bisa Tahan Berapa Jam? Ketahui Daya Tahan & Cara Simpan yang Benar

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 14 Dec 2022 07:50 WIB
Cara menyimpan ASI perah yang benar caption
Jakarta -

Penyimpanan ASI baik di suhu ruang dan juga di freezer memang perlu diketahui para busui. Sehingga, ASI yang diperah dapat tetap berkualitas saat diberikan pada bayi. Yuk, cari tahu ASI bisa tahan berapa jam dan juga cara simpan yang benar, Bunda.

ASI tidaklah seperti susu sapi ya, Bunda. Bisa keluar dari lemari es selama 4 jam atau lebih, tergantung pada beberapa keadaan.

Jadi, saat Bunda bepergian atau bekerja jauh dari rumah dan tidak memiliki akses ke lemari es untuk menyimpan ASI yang dipompa, atau Bunda baru saja memompa ASI dan berencana untuk segera menyusui bayi, segeralah berikan pada bayi. Sedianya ASI perah masih aman di suhu ruang selama 4 jam sebelum dibekukan.


ASI bisa tahan berapa jam? 

ASI yang dipompa tetap dapat berada pada suhu ruangan dan tetap aman digunakan. CDC dan The American Academy of Pediatrics setuju bahwa menyimpan ASI pada suhu kamar didefinisikan pada suhu 25 derajat celcius atau hingga 4 jam masih dapat diterima dan aman, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Alasan mengapa ASI dapat dengan aman berada di luar lemari es untuk waktu yang lama berkaitan dengan fakta bahwa ASI memiliki karakteristik antibakteri yang melekat, jelas Molly O'Shea, MD, dokter anak dari Goldfish Swim School.

"ASI juga mengandung antibodi alami, jadi aman untuk disimpan lebih lama daripada susu formula yang disimpan pada suhu kamar," kata Dr O'Shea.

ASI juga memiliki beberapa komponen kunci lain yang bersifat protektif dan memungkinkannya tetap aman selama beberapa jam di meja dapur atau di tas perjalanan, kata ASHley Georgakopoulos, IBCLC, Direktur Laktasi di Motif Medical.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 pedoman simpan ASIP yang benar.

[Gambas:Video Haibunda]



ASI BISA TAHAN BERAPA JAM? SIMAK DAYA TAHAN & CARA SIMPAN YANG BENAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!