menyusui

Aman Nggak Kalau Ibu Menyusui Pakai Cat Rambut?

Radian Nyi Sukmasari 08 Agu 2017
Ilustrasi mengecat rambut/ Foto: thinkstock Ilustrasi mengecat rambut/ Foto: thinkstock
Jakarta - Mengecat rambut bisa bikin bunda tampil beda. Tapi, kalau aktivitas ini dilakukan oleh bunda yang lagi menyusui, aman nggak ya?

Soal mengecat rambut saat menyusui, konselor laktasi dari Bunda International Clinic, dr Yolanda Safitri, MPH bilang kalau bahan cat rambutnya dari tumbuh-tumbuhan dan memang Bunda yakin itu alami, nggak masalah cat rambut itu dipakai.

Tapi, kalau cat rambut itu terbuat dari bahan kimia, kata dr Yola, nggak cuma bunda yang lagi menyusui , bunda yang lagi hamil pun nggak direkomendasikan pakai cat rambut seperti itu. dr Yola bilang, akumulasi bahan kimia yang sedikit buat kita yang lagi nggak hamil dan menyusui sih nggak berdampak apa-apa. Tapi, buat mereka yang lagi hamil dan menyusui, ada efeknya misalnya untuk metabolisme.

"Kayak ASI otomatis sedikit banyak akan terpengaruh. Kita nggak bilang pakai cat rambut nggak akan memengaruhi sama sekali. Cat rambut kan berbahan kimia, dan bertahan lama terus menyerap ke kulit kepala lewat pori-pori. Itu juga bisa teresap ke aliran darah. ASI kan juga ada hubungannya sama aliran darah," kata dr Yola waktu ngobrol sama HaiBunda.

Pemakaian cat rambut pada ibu menyusui, kata dr Yola, sama kayak ibu menyusui yang minum obat-obatan dengan kandungan yang nggak direkomendasikan untuk ibu menyusui. Dijelaskan dia, ketika kandungan obat atau bahan cat rambut itu mengalir lewat darah, kita perlu ingat kalau komponen ASI terbentuk dari mekanisme tubuh.

"Komponen di dalam darah akan masuk ke dalam ASI. Kayak kita minum obat yang nggak boleh buat ibu menyusui, komponennya akan masuk ke aliran darah," tambah dr Yola.

Makanya, dr Yola menyarankan sebaiknya kalau Bunda masih menyusui, tunda dulu pemakaian cat rambut. Apalagi kalau lagi masa ASI eksklusif, si kecil kan cuma dapat makanan dari ASI kita ya, Bun. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi