menyusui

Amankah Ibu Menyusui Minum Obat Flu?

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 13 Jul 2018 - 12.22 WIB
Ilustrasi ibu menyusui minum obat flu/ Foto: Getty Images Ilustrasi ibu menyusui minum obat flu/ Foto: Getty Images
Jakarta - Flu bisa dialami siapa saja termasuk ibu menyusui. Nah, ketika flu menyerang biasanya ada ibu yang hendak minum obat flu. Tapi gimana ya kalau ibu menyusui minum obat flu? Apa yang mesti diperhatikan?

Menurut konselor laktasi dari RS Sari Asih Ciputat dr Hikmah Kurniasari MKM, CIMI, memang ada beberapa obat flu yang punya efek samping menghambat kerja hormon menyusui seperti prolaktin. Contohnya obat yang mengandung pseudoefedrin.

"Jadi ternyata pseudoefedrin punya efek samping menghambat kerja prolaktin. Jadi kadang ibu menurun produksi ASI-nya," kata dr Hikmah saat ngobrol sama HaiBunda.

Makanya, dr Hikmah berpesan untuk menghindari obat-obatan yang berpotensi menurunkan produksi ASI. Nah, kalau ibu menyusui flu, dr Hikmah menyarankan baiknya konsultasi ke konselor laktrasi atau tenaga medis lainnya, Bun. Sehingga, saat ibu menyusui minum obat flu ibat mana diketahui mana obat yang aman dikonsumsi ibu menyusui.



dr Hikmah menambahkan flu umumnya disebabkan virus dan bisa sembuh dengan sendirinya atau karena alergi. Maka dari itu, sebisa mungkin ketika ibu menyusui terserang flu coba dulu yuk, Bun, meningkatkan imunitas dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi seimbang, dan perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Kata dr Hikmah, biasanya memang pseudoefedrin banyak terkandung di obat pilek. Ketika ibu menyusui sudah telanjur minum obat flu dan produksi ASinya banyak, maka efek pseudoefedrin bisa jadi nggak terlalu terasa ya, Bun. Beda ketika produksi ASI nggak terlalu banyak, berkurangnya produksi ASI bisa terasa.

Kalau seperti itu, dr Hikmah menyarankan segera hentikan konsumsi obat flu. Apalagi Bunda merasa nggak nyaman, segera konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis lainnya ya.

"Ketika sudah telanjur ibu menyusui minum obat flu lalu produksi ASI turun, diharapkan berkonsultasi untuk menanyakan kondisinya sehingga ibu juga bisa mendapat informasi yang tepat," saran dr Hikmah.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi