menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 20 Jul 2018 - 19.37 WIB
Ilustrasi ibu menyusui minum kopi/ Foto: thinkstock Ilustrasi ibu menyusui minum kopi/ Foto: thinkstock
Jakarta - Saat menyusui, kekhawatiran bisa timbul terkait asupan yang kita makan atau minum ya, Bun. Salah satunya tentang kopi nih. Bukan nggak mungkin Bunda galau ketika pengen minum kopi tapi ingat lagi menyusui si kecil hingga timbullah pertanyaan: boleh nggak ibu menyusui minum kopi?

"Boleh-boleh aja ibu menyusui minum kopi meskipun kafein yang ada di dalam makanan bisa terserap ke ASI tapi sebagian besar studi menyebutkan jumlahnya yang terserap kurang dari satu persen asupan yang ibu konsumsi," kata dokter spesialis anak Wendy Sue Swanson kepada Baby Center.

Lalu, berapa batasan aman minum kopi ibu menyusui? The American Academy of Pediatric merekomendasikan ibu menyusui nggak minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari ya, Bun. Sementara itu, La Leche League mengatakan minum lima cangkir kopi sehari masih masuk kategori aman.



Sedangkan para ahli berpendapat ibu menyusui mesti membatasi asupan kafein maksimal 30 mg per hari. Nah, Wendy menyarankan ibu mengonsumsi jenis kopi yang lain misalkan latte yang memiliki kandungan kafein lebih sedikit ketimbang kopi hitam misalnya. Namun, Wendy mengingatkan ibu menyusui melihat kondisi si bayi.

"Misalnya setelah ibu minum kopi bayi cranky, coba lakukan eksperimen. Berhentilah minum kopi selama seminggu lihat kondisi anak. Jika anak nggak bermasalah lagi, coba minum kopi lagi. Bila anak kembali cranky berarti kopi yang ibu minum berpengaruh pada bayi," tutur Wendy.

Dikutip dari Parents Today, konselor lakasi Anita Arora bilang belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan asupan kafein bisa berpengaruh pada menurunnya produksi ASI. Namun, kopi memang bisa memengaruhi perilaku bayi jika dikonsumsi lebih dari jumlah yang direkomendasikan, 2-3 cangkir per hari.

Kata Anita, level kafein di ASI meningkat satu sampai dua jam setelah dikonsumsi. Namun Anita mengingatkan ibu menyusui memang perlu tetap terhidrasi. Tapi, minuman mengandung kafein kelihatannya bukan pilihan yang oke untuk memenuhi asupan cairan tubuh kan, Bun?

"Seperti kita tahu air putih akan lebih baik untuk menghidrasi tubuh. Jika ibu menyusui minum kopi terlalu banyak itu juga akan membuat ibu susah tidur bukan?" kata Anita.



(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi