sign up SIGN UP search


menyusui

Terlalu Banyak Minum Kopi Bisa Sebabkan Nyeri Payudara meski Tidak Menyusui

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 26 Feb 2022 11:47 WIB
Ilustrasi payudara bengkak caption

Jakarta - Apakah Bunda pernah tiba-tiba mengalami payudara terasa nyeri tanpa penyebab yang jelas, bahkan pada saat tidak dalam masa menyusui? Hal itu mungkin disebabkan Bunda terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Minuman seperti teh, kopi, cokelat, dan minuman ringan cola memang mengandung kafein. Ada pula kue dan permen yang juga berbahan kafein. Jika terlalu banyak dikonsumsi, kafein dapat melemahkan sistem saraf pusat dengan efek stimulan. Hal itu pun memiliki berbagai efek pada tubuh, termasuk nyeri pada payudara.

Meski begitu, tak perlu khawatir ya Bunda karena efek samping yang ditimbulkan kafein pada payudara biasanya tidak memerlukan perawatan apa pun.


Namun, benarkah kafein bisa membuat membuat payudara terasa nyeri? Mengonsumsi kafein secara berlebihan memang dapat mengubah kadar hormon tubuh yang menyebabkan nyeri pada payudara.

“Kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan perubahan kadar hormon. Ini dapat menyebabkan pembentukan kista dan menyebabkan nyeri,” kata Dr. Jill Hectman, MD, dewan bersertifikat OB-GYN, dan penasihat ilmiah untuk Nightfood, dikutip dari laman Eat This, Not That.

Efek kafein pada payudara

Dirangkum dari laman Livestrong.com, berikut ini adalah beberapa efek pada payudara yang disebabkan dari mengonsumsi terlalu banyak kafein:

1. Rasa nyeri

Kafein menyebabkan rasa sakit tidak nyaman dan nyeri payudara. Asupan kafein memperburuk gangguan jika Bunda memiliki payudara fibrokistik. Rasa sakit yang Bunda rasakan dengan payudara fibrokistik dapat berlangsung terus-menerus atau hanya muncul sesekali.

Banner Makanan Harus Dihindari untuk Cegah OmicronBanner Makanan Harus Dihindari untuk Cegah Omicron/ Foto: HaiBunda/Novita Rizki

2. Benjolan

Payudara fibrokistik mengandung sel-sel yang mengumpulkan cairan menjadi kista, yang sering membuat payudara terlihat kental. Masalah fibrokistik pada payudara akibat asupan kafein memburuk seiring dengan meningkatnya asupan kafein.

Benjolan mungkin konsisten atau mungkin datang dan pergi di berbagai area payudara Bunda. perawatan benjolan payudara yang menyebabkan masalah fibrokistik di payudara dapat melibatkan penghapusan kafein dari daftar minuman Bunda.

3. Payudara padat

Asupan kafein yang tinggi yang menyebabkan perubahan fibrokistik pada payudara dapat juga menyebabkan area yang mencurigakan pada mammogram. Mammogram pada payudara fibrokistik sering menunjukkan area tertentu dari payudara yang sangat padat.

Simak juga apakah ibu menyusui diperbolehkan untuk mengonsumsi kafein atau tidak? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Saksikan juga video apakah kopi bisa atasi kejang pada anak di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGONSUMSI KOPI SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!