menyusui

Pentingnya Laktoferin untuk Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Nabilla Putri Jumat, 07 Des 2018 - 10.02 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Bunda pasti tahu kalau nutrisi, terutama protein, merupakan bahan dasar pembentuk imunitas atau daya tahan tubuh si kecil. Namun tahukan Bunda bahwa ada salah satu protein yang terkandung dalam ASI bernama laktoferin?

Protein ini sangat penting dikonsumsi anak karena memiliki banyak fungsi dalam proses pembentukan daya tahan tubuh si kecil. Laktoferin secara harfiah berasal dari kata lakto yang berarti berasal dari susu. Kemudian ferin atau sejenis protein pengikat zat besi.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengungkapkan laktoferin banyak ditemukan pada air susu, air liur, air mata, dan cairan pencernaan. Kadar tertinggi laktoferin terdapat dalam ASI. Khususnya pada kolostrum, yakni ASI yang keluar pada hari-hari pertama kelahiran si kecil.

"Manfaat laktoferin adalah membantu daya tahan tubuh bayi dan anak agar terhindar dari berbagai penyakit infeksi dan mencegah anemia," ujar dr Muliaman kepada HaiBunda, baru-baru.


dr Muliaman menjelaskan laktoferin merupakan protein yang berada di garis depan pertahanan tubuh. Fungsinya, untuk melawan kuman penyakit yang berusaha menyerang tubuh si kecil. Terutama dari dua pintu masuk ke dalam tubuh si kecil, yaitu saluran cerna dan saluran napas.

"Beberapa penelitian menjelaskan bayi-bayi yang mendapat laktoferin mempunyai pertahanan tubuh yang baik. Mereka juga terhindar dari infeksi jamur, virus, dan bakteri dari pasien infeksi saluran napas dan cerna," jelasnya.

Laktoferin, lanjut dr Muliaman, dapat berperan meningkatkan jumlah bakteri baik dan menekan jumlah bakteri jahat di dalam saluran cerna. Sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat karena dapat mengikat zat besi.

Bunda perlu tahu, zat besi dibutuhkan kuman jahat untuk berkembang biak dan membelah diri. Dengan terikatnya zat besi, kuman jahat tidak bisa hidup dan berkembang. Sehingga, anak terbantu terhindar dari penyakit.


Sudah tahu tentang manfaat laktoferin kan, Bun? Yuk berikan susu yang mengandung laktoferin seperti susu formula terbaik Morinaga Chil Kid Platinum dan Morinaga Chil School Platinum yang juga mengandung pro-prebiotik agar si kecil tak mudah diare serta telah teruji klinis sebagai bakteri baik oleh Morinaga Research Center di Jepang. (idr/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi