menyusui

Kandungan Luar Biasa Kolostrum yang Perlu Bunda Tahu

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 03 Feb 2019 - 13.04 WIB
Kandungan luar biasa kolostrum/ Foto: iStock Kandungan luar biasa kolostrum/ Foto: iStock
Jakarta - Setelah melahirkan, umumnya akan keluar ASI pertama yang warnanya kekuningan atau kolostrum. Nah, Bunda mesti tahu nih kalau kolostrum baik banget untuk perkembangan imunitas bayi.

Diungkapkan Rianti A.Md, Keb, kolostrum adalah pra-susu atau susu pertama kekuningan yang dihasilkan setelah ibu melahirkan. Kolostrum manusia dihasilkan hanya dalam waktu 24 jam, Bun. Ada lima ciri-ciri kolostrum yaitu:

1. Berwarna kekuningan, lebih kuning daripada ASI matang.
2. Bila dipanaskan menggumpal, sedangkan ASI matang tidak.
3. Lemaknya lebih banyak mengandung kolesterol lesitin dibanding ASI matang.
4. Mengandung trypsin inhibitor, sehingga hidrolisa protein di usus bayi kurang sempurna. Ini membuat kadar antibodi si kecil bertambah.
5. Volume berkisar 150 - 300 ml per 24 jam.

"Kandungan protein dalam kolostrum jauh lebih tinggi dari ASI. Ini menguntungkan bayi yang baru lahir karena dengan mendapat sedikit kolostrum, si kecil sudah mendapat protein untuk memenuhi kebutuhannya di minggu pertama setelah lahir," kata Rianti, dalam bukunya Mitos-mitos dan Fakta-fakta Seputar ASI.

Ilustrasi ibu dan bayiIlustrasi ibu dan bayi/ Foto: iStock
Sementara itu, dr Asti Praborini SpA, IBCLC, mengatakan bahwa kolostrum kaya antibodi dan sel darah putih untuk perlindungan terhadap infeksi dan alergi. Kemudian, kolostrum mengandung pencahar untuk membersihkan mekonium (BAB awal pada bayi baru lahir) dan mencegah bayi menjadi kuning.

"Terdapat juga faktor-faktor pertumbuhan untuk membantu usus berkembang lebih matang, sehingga mencegah alergi dan intoleransi (keadaan tidak tahan). Kolostrum pun kaya vitamin A untuk mencegah penyakit mata dan mengurangi keparahan infeksi," jelas dr Asti, seperti dilansir detikcom.

dr Asti berpesan bila kondisi ibu dan bayi stabil saat proses kelahiran, segera lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Sehingga, bayi bisa mendapat kolostrum, terlebih IMD bisa membantu menjaga kelancaran proses menyusui sampai bayi berumur dua tahun.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi