MOM'S LIFE

Saat Orang Lain Berkomentar Miring Soal Pola Asuh Anak Kita

Radian Nyi Sukmasari 25 Nov 2017
Eva Mazrieva dan empat anaknya/ Foto: dok.pribadi Eva Mazrieva dan empat anaknya/ Foto: dok.pribadi
Jakarta - Kita pasti punya pertimbangan sendiri dalam menerapkan pola asuh apa untuk anak. Begitu juga dengan ibu empat anak yang dijuluki 'tiger mom' ini. Bahkan, komentar miring pernah dia dapatkan terkait gimana caranya mengasuh si kecil.

Eva Mazrieva udah tinggal di Amerika sejak tahun 2010, Bun. Dia tinggal di sana sama suami ha M Harti Dewanto dan empat anaknya yaitu si kembar tiga Aditya Harimurti, Aisya Anjani, dan Artha Pradipta yang kini berusia 11 tahun juga si bungsu Adinda Rania (9). Sebenernya sih, Eva nggak merasa jadi tiger mom. Tapi, dia dapat julukan itu karena caranya dalam mengasuh anak.

Eva memang cukup tegas ke Aditya, Aisya, Artha, dan Adinda. Misalnya aja mereka nggak boleh nonton TV atau main video games di hari sekolah dan di weekend itu bisa dilakukan selama 2-3 jam. Contoh lainnya, Eva biasa mengajari anaknya disiplin dan teratur melakukan aktivitas sehari-hari. Karena di sini nggak ada keluarga atau teman dekat, mau nggak mau saya harus didik anak mandiri di sini, begitu alasan Eva. Tapi apa yang kita lakukan nggak lepas dari komentar orang ya, Bun. Nah, Eva juga pernah dapat komentar miring soal pola asuh tiger mom yang dia terapkan nih.

"Ada yang menilai saya terlalu keras dan disiplin, nggak jarang ada yang bilang pola asuh ini bikin anak-anak takut mengemukakan pendapat mereka dan punya socio-emotional health yang rendah. Tapi sejauh ini saya bisa membutikan kalau anggapan itu nggak benar," kata Eva waktu berbincang sama HaiBunda.

Soalnya, kata Eva dirinya tetap membuka komunikasi seluas-luasnya sama si kecil. Contohnya, kalau anak-anak lagi nggak mau baca buku dan lebih ingin menggambar atau main lego, Eva membolehkanya kok. Asal, target buku yang harus dibaca dalam satu minggu atau bulan selesai pada waktunya. Pernah juga nih si kembar tiga menolak ikut les piano karena kewalahan membagi waktu sama tugas sekolah.

Tahu yang dialami anaknya, Eva memutuskan menghentikan les itu dengan pertimbangan manajemen waktu buah hatinya. Begitu juga kalau Aditya, Aisya, Artha sama Adinda nggak dapat nilai A di rapot, mereka bakal menjelaksan alasannya.

Pola asuh yang diterapkan Eva MazrievaPola asuh yang diterapkan Eva Mazrieva /Foto: dok.pribadi


Walaupun begitu, Eva juga punya tantangan dalam menerapkan pola asuh tiger mom ini, Bun, yaitu pas harus menjelaskan ke anak kenapa suatu aturan perlu ditegakkan. Misalnya soal nggak boleh nonton TV dan main video games di hari sekolah (weekdays) dan membatasinya saat weekend. Pas anak-anak masih kecil memang lebih gampang menerapkannya, tapi sekarang di usia 11-12 tahun mereka udah mulai protes dan nggak jarang membandingkan dirinya sama anak lain.

"Kalau begitu kami harus memberi penjelasan lebih rinci tentang aturan itu," ujar Eva.

Eva menambahkan pola asuh ini bisa aja diterapkan ke semua anak tapi ini tergantung pada pertimbangan orang tua masing-masing. Ada yang bilang juga pola asuh tiger mom sama kayak pola asuh otoriter, gimana pendapat Eva soal hal ini?



"Saya nggak setuju disebut demikian karena pola asuh ini tetap membuka kesempatan untuk berkomunikasi, memberi alternatif pilihan dan suportif pada pilihan tersebut. Hanya saja pola ini mengajarkan disiplin dan menanamkan tanggungjawab sejak dini pada anak," tutur Eva.

Hmm, kalau memang ada orang tua yang ingin menerapkan pola asuh tiger mom, saran Eva kuncinya ada di disiplin dan konsistensi. Ajak anak sekaligus kasih contoh apa yang kita ingin mereka lakukan. Contohnya, kalau kita pengen anak-anak terbiasa membereskan tempat tidur setelah bangun pagi, tentunya kita harus mencontohkan hal serupa dong, Bun. Begitu juga kalau kita ingin anak-anak nggak nonton TV dan main video games di weekdays, tentu kita juga nggak nonton TV atau berkutat sama HP atau laptop saja di rumah.

Eva Mazrieva dan empat anaknyaEva Mazrieva dan empat anaknya /Foto: dok.pribadi


"Tapi mengingat pekerjaan saya sebagai wartawan yang sering dipenuhi target dan breaking news, saya juga ajak anak-anak memahami kalau ada satu dua saat saya harus menulis laporan atau mengecek akurasi informasi dengan menghubungi nara sumber pada jam-jam yang seharusnya saya gunakan untuk bersama mereka pada malam hari atau saat weekend," kata Eva.

Menurut alumnus Universitas Indonesia ini, kalau kita melakukan pola asuh ini dengan konsisten, anak bisa terbiasa dengan sendirinya.

Sekarang, Eva lagi nyiapin buku lanjutan dari buku pertamanya 'I'm a Tiger Mom, Petualangan Mengasuh Empat Balita di Negeri Paman Sam'. Buku Ev kali ini menceritakan tentang petualangan mengasuh remaja, karena si kembar tiga sekarang mulai memasuki masa remaja dengan isu yang beda banget pas mereka masih anak-anak.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi