MOM'S LIFE

Di-unfriend Ibunya Teman si Kecil, Gimana Menurut Bunda?

Radian Nyi Sukmasari 03 Jan 2018
Di-unfriend Ibunya Teman si Kecil, Gimana Menurut Bunda?/ Foto: Thinkstock Di-unfriend Ibunya Teman si Kecil, Gimana Menurut Bunda?/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Zaman sekarang, nggak cuma remaja atau dewasa muda aja yang hobi main media sosial (medsos). Bahkan, ibu-ibu yang anaknya udah pada sekolah juga banyak nih yang eksis di medsos. Saling tag dan berbagi info soal parenting juga lumrah dilakukan ibu-ibu. Eh, tapi gimana kalau ada orang tua teman anak kita yang meng-unfriend kita ya?

Seperti dialami seorang ibu yang merasa gugup kalau dia mesti ke sekolah anaknya lagi, Bun. Dalam forum MumsNet, si ibu menuliskan kalau tanpa alasan yang jelas tiba-tiba dia di-unfriend sama salah satu wali murid alias ibu teman sekolah anaknya.

"Memang dia bukan teman dekat saya. Tapi, semua orang tua masih temenan sama dia di medsos. Saya jadi sedikit was-was nih kalau akan ke sekolah anak saya," ujar ibu yang nggak disebutkan namanya itu. Menanggapi curhatan si ibu, beberapa netizen menyampaikan pendapatnya.

Mayoritas menyuruh si ibu nggak terlalu ambil pusing dengan masalah unfriend ini. "Yang pergi ke sekolah kan anakmu, bukan kamu. Sudahlah, nggak perlu dipikirkan. Kamu cuma perlu melanjutkan rutinitasmu saja. Jangan terlalu menganggap serius masalah ini," kata salah satu netizen dikutip dari Essential Kids.



Sementara itu, netizen lain ada yang menyampaikan pendapatnya sehingga si ibu bisa lebih legowo. Menurut dia, mungkin aja ibu tersebut hanya ingin mengubah kebiasaannya dengan membagikan sesuatu ke orang-orang tertentu. Ada juga nih ibu yang berbagi pengalamannya pernah meng-unfriend orang tua lain.

"Awalnya saya menerima permintaan pertemanan karena saya tahu si anak satu sekolah dengan anak saya. Tapi ketika berpikir ulang, saya nggak ingin berbagi sesuatu tentang aspek hidup saya dengan orang yang bahkan kami nggak pernah saling sapa pas bertemu," kata salah satu ibu.

Nggak cuma di-unfriend, kadang kala ibu teman si kecil di sekolah atau wali murid lain yang udah temenan di medsos ada juga yang nyuekin kita, Bun. Padahal, selama ini dia selalu aktif merespons apa yang kita unggah. Ini pernah dialami salah satu sahabat HaiBunda bernama Nia.

Saat itu kata Nia memang ada kesalahpahaman antara dia dengan ibu teman anaknya. Sempat beberapa lama si wali murid nyuekin postingan Nia tapi nggak sampai meng-unfriendnya. Kalau Nia yang mengomentari unggahan si teman, dicueki juga. Tapi, makin ke sini ketika kesalahpahaman itu dijelaskan Nia pelan-pelan, si teman kembali seperti dulu.

"Kebetulan aku dekat sama teman ini dan satu wali murid yang lain. Aku sama wali murid yang satu ini ngebiarin aja pas dia diemin kita. Tapi kitanya tetap bersikap biasa dan kalau ketemu aku selalu berusaha pelan-pelan ngungkapin kesalahpahaman di antara kita. Sekarang hubungan kita udah kayak biasa sih," tutur Nia.

Masalah di antara wali murid memang bisa dipicu berbagai hal. Nah, kita perlu tahu salah satu hal yang bisa memicu tersinggungnya orang tua lain adalah yang terkait perilaku anak mereka, Bun. Misalnya, anak mereka kita rasa bandel banget dan mengganggu anak kita. Lalu, kita berpikir perlu ngasih tahu masalah ini ke orang tua si anak.

Menurut psikolog anak Fathya Artha Utami, kalau mau mengadukan masalah ini ke orang tua teman anak, jangan langsung menjurus menanyakan pola asuh kayak gimana yang diterapkan si orang tua ke anak karena itu bisa membuat mereka merasa disalahkan. Sehingga, yang ada si orang tua tersinggung. Kalau mau, ungkapkan aja apa yang dilakukan si anak lalu minta pendapat orang tuanya.

"Atau kalau si ibu mau minta pendapat pihak sekolah. Kita juga bisa ngajak anak ngobrol jadi usaha untuk nggak dekat sama si teman bersumber dari kitanya, kita minta anak untuk nggak dekat-dekat sama teman itu. Tapi pas ngobrol sama anak buat diskusi ya gimana pandangan anak terhadap temannya itu lebih dulu," kata Fathya.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi