MOM'S LIFE

Cara Najwa Shihab 'Wariskan' Hobi Baca ke Anak-anaknya

Amelia Sewaka 15 Jan 2018
Cara Najwa Shihab Wariskan Hobi Baca ke Anak-anaknya/Foto: Amelia Sewaka Cara Najwa Shihab 'Wariskan' Hobi Baca ke Anak-anaknya/Foto: Amelia Sewaka
Jakarta - Sejak kecil, Najwa Shihab udah hobi baca nih, Bun. Sekarang, Najwa juga ingin 'mewariskan' hobinya itu ke buah hatinya.
Wanita yang akrab disapa Nana ini merasa cukup beruntung karena keluarganya susah terbiasa dalam hal membaca. Memang, kata Nana nggak pernah ada satu cara khusus yang dia terapkan supaya anaknya doyan membaca.

"Ya karena dia juga liat saya suka baca, Baim (suami) juga baca dan akhirnya ya dia jadi suka baca juga," kata Nana.

Nana juga nggak segan ikut melakukan hal yang disukai si kecil untuk menanamkan minat baca ke si kecil. Misalnya, salah satu anak Nana suka banget sama bola. Alhasil Nana sering membelikan majalah tentang bola dan cerita soal skors liga Inggris.


Walaupun anaknya belum bisa baca namun setidaknya sang anak senang banget lihat majalahnya yang colorful dan melihat-lihat foto sang idola. Menurut Nana, itu bisa jadi salah satu cara lho untuk mendekatkan anak dengan bahan bacaan mereka.

"Lewat kegiatan yang mereka sukai aja contoh gampangnya seperti, sekarang remaja yang suka artis Korea. Saya selalu bilang pada dedek-dedek ini, nggak apa cari bacaan mulai dari fashion tentang Korea atau baca buku tentang hidup si artis idolanya," tambah Nana saat ngobrol sama HaiBunda.

Nana bilang, bukan nggak mungkin pas kesukaan anak akan hal-hal berbau Korea dipupuk dia jadi belajar budaya Korea termasuk bahasanya dan dapat beasiswa. Tuh, keren kan, Bun?

"Jadi harus bisa merawat ketertarikan si anak, passion kan didapat dari upaya merawat ketertarikan terhadap hal-hal yang mungkin kecil tapi bisa menjadi sesuatu yang besar kalau kita konsisten merawatnya," kata presenter Mata Najwa ini.


Gimana cara menjaga ketertarikan anak? Kata Nana, yang paling mudah adalah mencari tahu dengan membaca dan bukan hanya membaca buku tapi juga membaca segala sesuatu yang terkait dengan hal kesukaan anak.

Perempuan yang didaulat sebagai Duta Baca Indonesia ini juga hobi banget baca. Baik buku fisik atau digital, dua-duanya disukai Nana. Wah keren ya.

"Baik buku digital atau fisik saya suka keduanya sih, tergantung keadaan. Kalau malam sebelum tidur saya suka baca buku fisik, karena bau halaman buku tuh enak seperti obat tidur buat saya. Kalau siang saya suka baca e-book, semacam lebih praktis aja sih," papar Nana. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi