MOM'S LIFE

Cerita dr Reisa tentang Bedanya Kehamilan Pertama dan Kedua

Amelia Sewaka Senin, 26 Feb 2018 - 17.06 WIB
Cerita dr Reisa tentang Bedanya Kehamilan Pertama dan Kedua/ Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth Cerita dr Reisa tentang Bedanya Kehamilan Pertama dan Kedua/ Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Pernah hamil dan melahirkan bukan jaminan lho di kehamilan selanjutnya pasti selalu lancar jaya. Iya, Bun, soalnya masing-masing kehamilan beda-beda. Artinya yang kita rasakan saat hamil pertama kali bisa jadi beda 180 derajat dengan kehamilan selanjutnya. Nah, ini juga yang dirasakan dokter cantik, dr Reisa Broto Asmoro.

Saat ini dr Reisa sedang hamil anaknya yang kedua. dr Reisa bilang kehamilannya kali ini sangat beda jauh dengan kehamilannya yang pertama. Seperti apa sih bedanya, Dok?

"Tahu sih solusinya tapi ya ngalamin mah ngalamin aja. Jadi 4 bulan pertama saya morning sickness. Ya itu emang normal kalau hormonnya naik, tapi dulu pas hamil anak pertama nggak ada tuh morning sickness," papar dr Reisa di tengah acara ELC Little Senses Collection Preview di Nomz Kitchen Grand Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Bahkan morning sickness yang dialami dr Reisa beralngsung dalam waktu 4 bulan. Hal itu sampai membuat ia nggak tahan dan harus minum obat khusus ibu hamil lantaran dirinya sampai merasa perih dan mual terus-menerus. Belum lagi dr Reisa mengalami gatal-gatal di kehamilan yang kedua ini.



"Terus hamil ini juga kaki lebih cepat bengkak. Padahal dulu (saat hamil pertama) saya ingat banget ketika kandungan usia 7 atau 8 bulan gitu saya masih bisa tuh jalan di pantai Lombok beberapa kilo," ungkap salah satu host tayangan dr Oz ini.

Sekarang ini, lanjut dr Reisa, saat berada di suatu tempat dari pagi sampai siang aja kakinya sudah bengkak. Di kehamilan kedua ini rupanya dr Reisa lebih gampang drop atau sakit.

"Iya kuat sih dulu tapi sekalinya sakit bisa sampai dirawat, untuk kali ini semoga aja nggak dan jangan sampai," papar dr Reisa.

Nah, bagi Bunda yang sedang hamil dan mengalami morning sickness, kata dr Reisa, solusinya selain obat dari dokter juga terkait dengan makanan, Bun.

"Makanan sih yang penting, yaitu yang nggak memicu asam lambung seperti makanan yang berbumbu kuat dan lada, garam juga jangan banyak-banyak, juga hindari yang asam-asam," saran dr Reisa.

dr Reisa menambahkan kadang mual suka muncul ketika kita lagi nggak ngapa-ngapain. Tapi ketika kita sedang kerja, misal sedang ada deadline atau apa, biasanya suka lupa tuh dengan yang dirasakan. Alhasil mualnya nggak muncul. Jadi intinya, Bun, jangan fokus ke mualnya tapi lebih banyak cari kesibukan saja.

(aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi