MOM'S LIFE

Saat Hendak Pergi, Apakah Bunda Kasih Daftar Instruksi ke Suami?

Melly Febrida 08 Apr 2018
Saat Harus Pergi, Apakah Bunda Kasih Daftar Instruksi ke Suami?/ Foto: Hasan Al Habsy Saat Harus Pergi, Apakah Bunda Kasih Daftar Instruksi ke Suami?/ Foto: Hasan Al Habsy
Jakarta - Saat keluar rumah karena ada urusan, terpaksa kita meninggalkan anak dan urusan rumah sejenak kepada suami. Apakah saat ini terjadi Bunda sering merasa khawatir sehingga perlu meninggalkan daftar instruksi pada suami?

Kalau saya sih biasanya cukup ngomong saja terkait apa yang harus dilakukan suami saat saya pergi. Sesekali mengingatkan suami via telepon ataupun pesan teks.

Nah, bunda yang sebut saja bernama Jane ini, memilih menulis daftar instruksi untuk suaminya saat dia harus melakukan perjalanan dinas. Niatnya baik sih Bun agar suaminya terbantu ketika mengasuh balitanya di saat ia tak ada di rumah. Tapi, karena detail banget, suami pun jadi merasa digurui.

Gemas dengan instruksi yang ditinggalkan sang istri, akhirnya sang suami membalasnya dengan mengedit instruksi tersebut. Daftar yang diubah itu bahkan sampai ke Reddit dan jadi viral. Demikian seperti dilansir Fatherly.

Ayah tersebut mengeditnya dengan bahasa sedehana, memperbaiki kesalahan ejaan dan tanda baca, Bun. Nggak cuma itu, si ayah juga menambahkan komentar dan catatan karena perintah dari istrinya itu nggak enak dibaca hingga membuatnya nggak senang.



Misalnya saat istri menulis, "Ambil tikar bermain ke rumah kakek-nenek", si suami kemudian mencoret instruksi itu dan menggantinya dengan "Mengambil Xbox One ke rumah kakek-nenek untuk main video game". Di instruksi yang meminta agar suami memakaikan baju yang menutup kaki untuk anaknya, si suami mengganti dengan: mendadani anak agar penampilannya keren. Hi-hi-hi lucu ya.

Ayah itu juga menambahkan isi di bagian FAQ dengan pertanyaan seperti: kapan aku makan? Di mana anjingnya? Bagaimana aku makan?

Ayah tersebut juga menambahkan kegiatan di hari setelah istrinya pulang. Ia menambahkan kegiatan seperti: pemulihan setelah menjadi ayah tunggal, serta mencari penghargaan dan pujian dari istri.

Ya, saat istri harus melakukan sesuatu di luar rumah, suami adalah support system yang paling diharapkan. Apalagi urusan pengasuhan anak memang jadi tanggung

Orang tua memiliki peran yang besar dalam menuntun tumbuh kembang anak agar bisa optimal. Nutrisi dan stimulus sesuai usia harus bisa diberikan oleh orang tua agar anak dapat tumbuh dengan baik.

Untuk stimulus, kata psikolog Elly Risman, Psi, baik ayah maupun bunda harus memiliki peran aktif. Jangan hanya mengandalkan pengasuhan dari ibu saja karena anak juga membutuhkan peran seorang ayah.



"Kalau bapak kurang dalam pengasuhan anak maka anak laki-lakinya akan nakal, agresif, narkoba, dan seks bebas. Kalau anak perempuan dia akan agresif dan seks bebas," kata Elly seperti diberitakan detikhealth beberapa waktu yang lalu.

"Jadi ayah perlu bukan hanya dari segi fisik tetapi juga gizi dan jiwa spiritual. Anak-anak yang kurang ayah sepi jiwanya," lanjut Elly. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi