MOM'S LIFE

Pelajaran dari Ben dan Marshanda yang Berbalas Pesan Soal Anak

Amelia Sewaka Selasa, 17 Apr 2018 - 17.02 WIB
Pelajaran dari Ben dan Marshanda yang Berbalas Pesan Soal Anak/ Foto: Instagram/ Istimewa Pelajaran dari Ben dan Marshanda yang Berbalas Pesan Soal Anak/ Foto: Instagram/ Istimewa
Jakarta - Perceraian pasti berat banget bagi pasangan suami istri, terlebih jika ada anak. Tapi terkadang perceraian dianggap sebagai pilihan terbaik. Ini pula yang ditempuh Ben Kasyafani dan Marshanda.

Mereka bercerai 2014 lalu setelah menikah selama tiga tahun. Setelah bercerai, Ben membuka lembaran baru hidupnya dengan menikah lagi pada 2016. Sienna, putri Ben dan Marshanda tinggal bersama Ben.

Beberapa hari lalu, Marshanda curhat di media sosialnya karena merasa sedih tak bisa selalu bersama putrinya, Sienna Kasyafani. Ternyata postingan Marshanda dibaca Ben, dan Ben pun membalasnya dengan rentetan kata yang bikin terharu. Dari postingan Ben dan Marshanda yang berbalas pesan, ada pelajaran yang bisa kita ambil nih, Bun.

[Gambas:Instagram]



1. Tetap Support Meski Sudah Bercerai

Pesan yang ditulis Ben untuk Marshanda memberikan pesan yang baik bahwa suatu pasangan mungkin bisa saja bercerai, tapi bukan berarti nggak bisa saling dukung dan silaturahim terputus. Hal ini terasa benar dari kalimat Ben.

"Membaca tulisan kamu, aku sangat berempati dengan perasaan kamu, dan terbayang betul yang kamu rasakan, terima kasih sama kamu karena dari tulisan ini kami jadi jauh lebih mengerti perjuangan batin kamu menjalani ini semua," tulis Ben dalam caption foto Marshanda dan anak cantiknya, Sienna.

Kalau memang perceraian dianggap sebagai jalan terbaik, psikolog anak dan remaja dari Rumah Dandelion, Carmelia Riyadhni atau Carmel menekankan supaya orang tua tetap bisa mempertahankan hubungan baiknya meski sudah bercerai. Kenapa? Bagaimanapun sosok ayah atau ibu kandung tetap nggak akan tergantikan.

Apalagi, kalau bunda atau ayahnya akan memulai hubungan dengan orang lain, kata Carmel perlu banget mengkomunikasikan itu ke mantan dan calon pasangan. Sekali lagi, ini penting dilakukan demi menjaga hubungan baik kita dan pasangan yang berpengaruh pada kondisi anak-anak.

[Gambas:Instagram]





2. Tidak Menjelek-jelekkan Mantan


Dulu, cinta memang pernah begitu berkobar. Tapi ketika bercerai bukan berarti lantas membuat kita dan mantan jadi musuh sehingga saling menjelek-jelekkan satu sama lain. Soal ini, Ben sebagai orang tua yang mengasuh Sienna, sepertinya paham benar.

"Sering aku dan Ines (istri Ben) ajak diskusi dan mendengar bagaimana perasaannya (Sienna) ke kamu, dia bilang 'aku sayang ibu', 'aku kangen ibu' dan 'aku bangga sama ibu' dan kami selalu menemani dia, mengenalkan dia dan menikmati perasaan itu setiap obrolan itu terjadi," tulis Ben.

Saat perceraian terjadi, pasti bakal ada dampak pada si kecil ya, Bun. Ben dan Marshanda memberikan contoh bahwa mereka masing-masing saling menekan ego agar tetap bisa berkomunikasi dengan baik demi putri mereka.

Menurut psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi, ketika suatu pasangan memilih bercerai, maka perlu menjelaskan pada anak situasi sebenarnya. Kita perlu menjelaskan pula bahwa bukan berarti orang tuanya menjadi musuh setelah bercerai.

"Jaga ego masing-masing jadi anak juga tetap fine that. Mau dikata orang gimanalah orang tuanya atau ditanya orang soal perceraian orang tuanya, anak tetap merasa oh ya this is my family," papar Ratih.

[Gambas:Instagram]



3. Sama-sama Mengusahakan yang Terbaik untuk Anak

Saat pasangan bercerai, ada pilihan untuk nggak lagi saling kontak. Tapi terlihat jelas Marshanda dan Ben menekan ego masing-masing demi mengusahakan yang terbaik untuk anak.

"Buat aku dan juga yakin kamu, yang menjadi prioritas adalah bagaimana Sienna anak cantik kita ini, bisa bertumbuh dan kembang secara sehat jasmani dan rohaninya, tapi hanya kita sebagai orang tua yang tau apa yang paling terbaik untuk sienna, walau kita kadang harus menempuh jalan yang tidak mudah, believe me, no one will win this time... Only Sienna," papar Ben dalam postingannya.

"Setelah ini kita akan saling membantu untuk Sienna bisa punya waktu yang lebih banyak lagi bersama kamu, dan membimbing Sienna jadi anak baik, pintar, salehah dan cerdas seperti dalam doa kita, sesuai yang kita rencanakan. Aku dan @nesyanabila dan Sienna selalu mendoakan hal yang baik untuk kamu," tulis Ben.

Hiks, saya nangis nih, Bun, baca tulisan Ben. Sekaligus juga ikut senang melihat kedua orang tua yang sudah berpisah tetap saling komunikasi tanpa saling hujat di medsos, mereka menekan ego dan gengsi masing-masing asal anak bahagia.

(aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi