MOM'S LIFE

Daftar Hadiah Anti-mubazir yang Cocok untuk Bayi Baru Lahir

Radian Nyi Sukmasari 23 Mei 2018
Daftar Hadiah Anti-Mubazir Cocok untuk Bayi Baru Lahir/ Foto: dok.HaiBunda Daftar Hadiah Anti-Mubazir Cocok untuk Bayi Baru Lahir/ Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Saat mendengar ada kerabat atau teman yang baru melahirkan pastinya kita ikut senang ya, Bun. Keinginan untuk menengok si kecil pun muncul. Cuma, kadang yang bikin galau kira-kira saat menengok si bayi nanti, dibawakan hadiah apa ya?

Biasanya, agak susah-susah gampang nih, Bun, memilih hadiah untuk bayi baru lahir. Soalnya, berdasar pengalaman saya ketika kita sudah membelikan sesuatu untuk si bayi eh malah nggak kepakai. Hiks, sedih kan ya, Bun? Adakah Bunda yang pernah mengalaminya?

Untuk itu, bagi Bunda mau memberi hadiah ke ibu yang bayinya baru lahir dan nggak mubazir alias bisa bermanfaat, HaiBunda punya rekomendasinya nih. Apa aja? Yuk simak, siapa tahu bisa jadi inspirasi.

1. Kain Bedong

Membedong si kecil atau nggak memang keputusan masing-masing orang tua. Kata dr Meta Hanindita SpA bayi baru lahir boleh aja dibedong asal nggak terlalu kencang. Jadi, sifat bedong ini menghangatkan si kecil aja, Bun. Untuk itu, bisa banget kita beri hadiah si kecil berupa bedong.

Pastikan, bedong yang dipilih teksturnya lembut dan bisa menyerap keringat ya, Bun. Kain bedong pastinya bisa bermanfaat untuk keperluan lain, misalnya tatakan perlak anak atau selimut. Tuh, berguna kan, Bun?

2. Stroller

Kalau budget kita cukup besar atau mau patungan dengan teman-teman, stroller bisa jadi pilihan hadiah anti mubazir buat si kecil yang baru lahir nih, Bun. Sebaiknya, pilih stroller yang berkualitas dan kokoh sehingga bisa dipakai si bayi sampai mereka besar, misalnya di usia TK. Supaya stroller bisa dipakai sampai si anak besar, perhatikan kapasitas dan desainnya ya, Bun. Seperti kita tahu kadang kala walau anak udah besar stroller bisa sangat membantu saat kita traveling kan?

3. Kosmetik Bayi

Bedak, cologne, losion rambut atau minyak penghangat badan lumrah nih dipakai bayi-bayi. Nah, daripada bingung mau membeli hadiah apa untuk bayi baru lahir, nggak ada salahnya kita membelikan kosmetik bayi. Sudah pasti akan terpakai kok, Bun. Eits, tapi sebelum membelinya kita tanya dulu ya pada orang tuanya si kecil biasa pakai kosmetik bayi merek apa nih.

"Kalau saya sih langsung aja nanya anak teman saya biasa pakai merek apa. Ini biasanya saya kasih ke teman atau keluarga yang memang dekat jadi saya nggak canggung kalau mau nanya. Kepakai banget lho kosmetiknya. Kan lumayan, bisa buat menambal kebutuhan kosmetik si bayi dalam beberapa bulan he-he-he," tutur sahabat HaiBunda, Ajeng.



4. Diaper

Selain kosmetik bayi, kita juga bisa jadikan diaper untuk hadiah, Bun. Hmm, mungkin ini lebih pas kalau dijadikan hadiah untuk bayi baru lahir yang orang tuanya sudah kita kenal dekat ya. Sehingga, kita bisa tanya apa sih merek diaper dan ukuran yang dipakai si kecil. Dengan begitu kan diaper yang kita belikan nggak mubazir dan pasti terpakai. Saya sendiri pernah memberi hadiah teman yang baru lahiran diaper dan nyatanya dia happy banget, Bun. Kata dia, hitung-hitung menghemat pengeluaran diaper. Lumayan...

"Pastikan bahan yang terbuat nyaman sehingga tidak mengiritasi kulit, dan pilih bahan yang masih bisa membuat kulit bernapas. Popok sekali pakai pun harus tetap sering diganti, jangan sampai karena belum 'tembus' lalu popok sekali pakai baru diganti sehari sekali, misalnya. Setidaknya 4 jam sekali diganti," kata dr Meta.

Daftar Hadiah Anti-Mubazir Cocok untuk Bayi Baru LahirDaftar Hadiah Anti-Mubazir Cocok untuk Bayi Baru Lahir/ Foto: Amelia Sewaka


5. Handuk

Ini juga bisa jadi pilihan hadiah anti-mubazir, Bun. Ya, handuk bisa kita jadikan kado dan umumnya bakal dipakai kok. Ada tipsnya nih, sebaiknya pilih handuk yang ukurannya agak besar ya. Sehingga handuk bisa dipakai bahkan sampai nanti anak beranjak usia balita.

6. Termometer

Termometer penting banget ada di rumah. Jadi, ketika anak dirasa suhu badannya tinggi, bisa ditentukan anak demam atau nggak sih. Kata dr Marlyn Cecilia Malonda SpA dari RS Mayapada Tangerang, termometer penting banget untuk mengukur suhu tubuh anak jadi kita baiknya nggak mengandalkan rabaan tangan untuk menentukan apakah anak demam atau nggak.

Biasanya ibu jarang kepikiran beli termometer nih ketika si kecil baru lahir. Untuk itu, dengan kado termometer, pastinya bakal berguna banget buat si bayi.

7. Buku Bayi

Sama seperti termometer, buku untuk bayi sering nggak terpikirkan di benak para orang tua, terutama orang tua baru. Padahal, buku juga bisa kita bacakan ke si kecil sejak mereka bayi lho. Buku cerita klasik bisa jadi pilihan. Kalau mau memilih buku dengan tekstur lembut dan terbuat dari bahan sehingga bisa dijadikan alat stimulasi buat anak boleh juga. Atau, memilih buku cerita biasa juga nggak masalah, Bun.

Dalam bukunya 'Membacakan Nyaring', Roosie Setiawan, mengatakan manfaat membaca buku dengan nyaring untuk bayi di antaranya menambah kosakata yang didengar, merangsang imajinasi dan indra lain, melatih rentang perhatian dan kemampuan mengingat, membuat bayi tenang dan mengenalkan konsep buku serta belajar.

8. Selimut

Seperti handuk, kalau memilih selimut bayi untuk hadiah bayi baru lahir cari ukuran yang agak besar ya, Bun. Pastikan juga memilih bahan yang lembut dan menyerap keringat sehingga anak bisa lebih nyaman saat tidur. Dengan memberi selimut bayi dengan ukuran agak lebih besar, selimutnya bisa dipakai sampai anak agak besar lho.

9. Baju Bayi

Seringnya kado berupa pakaian bayi akan terpakai. Tapi ketika bayi makin besar, biasanya pakaiannya udah nggak muat nih. Nah, supaya lebih awet disimpan, nggak ada salahnya mencoba membelikan baju bayi custom. Misalnya, pakaian bayi dengan sulaman namanya. Walaupun udah nggak muat lagi biasanya para ibu senang menyimpan baju kayak gini.

10. Hiasan Dinding Custom

Selain baju bayi, bisa juga dicoba membuat hiasan dinding misalnya lukisan dengan foto atau nama si kecil. Hiasan dinding seperti ini bukan nggak mungkin jadi hadiah unik dan nggak terlupakan lho.

Kalau Bunda, biasanya sering ngasih hadiah apa nih untuk bayi baru lahir?

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi