moms-life

Menyentuh! Pesan-pesan untuk Orang Tua Bayi Baru Lahir

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 16 Sep 2017 14:03 WIB
Menyentuh! Pesan-pesan untuk Orang Tua Bayi Baru Lahir
Jakarta - Menjadi orang tua, terlebih orang tua baru bisa jadi masa-masa yang penuh kebahagiaan, tantangan, bahkan kekhawatiran. Nah, buat bunda dan ayah yang bayinya baru saja lahir, ada pesan yang perlu dibaca dan kalau perlu, kita renungkan baik-baik nih, Bun.

Pesan ini ditulis di halaman Facebook NHS Ayrshire Maternity Unit, Skotlandia. Uniknya, pesan tersebut dibuat seakan-akan yang menyampaikan pesan ini adalah si kecil, untuk bunda dan ayahnya. Di awal pesan, sudah tertulis tuh Bun kalau 'si bayi' berpesan agar orang tuanya menyimpan surat berisi pesan ini dan membacanya ketika merasa kalut ataupun sedih.

Kalau dilihat, pesan-pesan yang seakan disampaikan bayi baru lahir dan merupakan isi hatinya ini menggambarkan apa yang umum dirasakan orang tua. Contohnya aja, Bun. Buat para bunda dan ayah, ada pesan jangan terlalu banyak berharap pada bayinya yang baru lahir. Ya, karena bayi baru lahir kan masih dalam masa adaptasi dan lagi dalam masa perkembangan ya, Bun.


"Lalu, tolong beri aku makan. Karena aku nggak pernah tahu kapan aku lapar ketika di dalam rahim dan waktu terasa sangat sebentar buatku. Tolong juga peluk, cium, dan sentuh aku. Aku selalu dipeluk erat dirahimmu dan belum pernah sendirian sebelumnya," demikan tulsi pesan tersebut.

Nggak cuma itu, Bun. Ada lagi pesan yang mungkin bisa bikin kita para orang tua terenyuh. Wajar memang ketika bayi menangis terus, lama-lama kita frustasi. Tapi, di pesan ini disampaikan 'Maafkan kalau aku menangis. Aku nggak ingin membuat bunda dan ayah sengsara, kok. Tapi, menangis adalah satu-satunya caraku berkomunikasi. Saat dewasa, aku akan lebih jarang menangis dan lebih sering bersosialisasi'.

Dalam pesan itu, para orang tua juga diminta meluangkan waktu bersama bayi, tetap memperhatikan kondisi kesehatan mereka, menjaga hubungan satu sama lain, kemudian bunda dan ayah diingatkan kalau bayi bisa kok tahan ketika orang tua membuat kesalahan alami yang nggak disengaja, apalagi kalau bunda dan ayah masih terus belajar menjadi orang tua.

Baca juga: Yuk, Kenali Berbagai Masalah Kulit Bayi Baru Lahir

Ada lagi nih, Bun pesan yang nggak kalah menyentuh buat para orang tua. "Tolong jangan kecewa kalau aku bukan bayi yang sempurna atau kecewa dengan diri sendiri ketika bunda dan ayah merasa tidak menjadi orang tua yang sempurna'. Hiks, mengharukan banget nggak sih Bun pesan ini?

Pesan menyentuh untuk orang tua bayi baru lahirPesan menyentuh untuk orang tua bayi baru lahir (Foto: Facebook/ NHS Ayrashire Maternity Unit)


Saat membesarkan anak, itu memang bisa jadi tantangan tersendiri buat orang tua. dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA, MARS atau akrab disapa dr Tiwi mengingatkan para orang tua ketika mendampingi tumbuh kembang anaknya, jangan menjadikan diri sendiri sebagai kiblat. Justru, kita mesti 'berkiblat' pada anak.

"Artinya, kita memahami bahwa memang kemampuan anak baru sampai situ. Misalnya, bayi baru belajar makan kok berantakan, ya wajar. Karena, anak kan sedang mengembangkan kemampuannya. Jadi kita kembalikan lagi kalau 'Oh memang saat ini kemampuan anak saya masih seperti ini ya'," kata dr Tiwi.

Sementara, psikolog anak dari Tiga Generasi Anastasia Satriyo M.Psi., Psikolog atau Anas berpesan ketika kita menjadi orang tua, sudah pasti sumbu kesabaran pada anak harus lebih panjang. Dalam artian, kita harus banyak-banyak bersabar pada anak terlebih anak masih dalam tahap perkembangan dan belajar.

Meski begitu, bukan berarti kita nggak bisa mengarahkan anak, Bun. Itu harus kita lakukan. Tapi, dalam melakukannya kita kedepankan rasa sayang namun tegas pada anak. Nah, setelah membaca 10 pesan dari 'bayi yang baru lahir', apa sekarang yang Bunda rasakan?

Baca juga: 10 Makanan Ini Sebaiknya Tak Diberikan pada Bayi Usia Kurang dari 1 Tahun (1) (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi