MOM'S LIFE

Beres-beres Lemari Pakaian ala Konmari Sebelum Lebaran Yuk

Asri Ediyati 13 Jun 2018
Beres-beres Lemari Pakaian ala Konmari / Foto: 20detik Beres-beres Lemari Pakaian ala Konmari / Foto: 20detik
Jakarta - Menjelang Idul Fitri, apakah mbak asisten rumah tangga (ART) sudah mudik, Bun? Hmm, jangan keburu stres ya, kita tetap bisa berbenah dengan cara yang menyenangkan, efektif, dan efisien.

Ya, menjelang Idul Fitri, penting banget untuk membenahi hati agar kembali fitri. Tapi penting juga untuk membenahi rumah kita agar nggak terlalu berantakan. Yuk, kita mulai dengan membereskan lemari pakaian terlebih dahulu.

Ya, HaiBunda beberapa waktu lalu mencoba menata ulang lemari pakaian nih. Kami menggunakan metode konmari yang dikenalkan oleh perempuan Jepang bernama Marie Kondo.

Membereskan sesuatu, termasuk lemari pakaian, adalah salah satu cara berdialog dengan diri sendiri, Bun. Menurut Marie Kondo, dalam buku 'The Life-changing Magic of Tidying Up', ada kalanya dalam berbenah kita bisa merasa bercakap-cakap dengan hati nurani terdalam. Kenapa bisa begitu?



Saat berbenah, ini bukan persoalan menyimpan semua barang yang kita punya, Bun, tapi memilah mana barang yang masih kita pakai dan berharga dan mana barang yang bisa kita donasikan pada orang lain. Di titik ini, kita harus mengambil keputusan apakah rumah kita akan menjadi semacam storage atau tempat kita bergembira bersama keluarga.

"Menekuri tiap barang kepunyaan saya untuk mencari tahu apakah benda tersebut membangkitkan kegembiraan dalam diri saya atau tidak sama seperti berdialog dengan diri sendiri, lewat perantara barang yang saya miliki," tutur Marie Kondo.

Setelah semua pakaian dipilih, mulailah untuk melipatnya, Bun. Lipat pakaian sedemikian rupa agar masing-masing bisa 'berdiri'. Ini karena Konmari mensyaratkam penyimpanan dengan cara vertikal, bukan menumpuk.

Alasannya menumpuk lebih memakan tempat. Dengan menata barang secara vertikal akan menjadi solusi memecahkan masalah keterbatasan ruang.



Selain itu menumpuk juga membebani barang yang ada di bawahnya. Untuk pakaian, sebenarnya menumpuk akan membuat pakaian lebih mudah kusut ketimbang jika disimpan secara vertikal. Nggak cuma itu, menata barang secara vertikal juga lebih memudahkan kita mengakses semua barang. Jadinya kita nggak pakai baju atau barang yang itu-itu saja.

Nah, penasaran bagaimana cara melipat dan menyimpan pakaian ala konmari? Simak langsung video berikut ini ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi