MOM'S LIFE

Dear Bunda dan Ayah, Jangan Lupa Lakukan Quality Time Berdua Ya

Amelia Sewaka 16 Agu 2018
Dear Bunda dan Ayah, Jangan Lupa Lakukan Quality Time Berdua Ya/ Foto: Dok. Thinkstock Dear Bunda dan Ayah, Jangan Lupa Lakukan Quality Time Berdua Ya/ Foto: Dok. Thinkstock
Jakarta - Sering kali pasangan suami istri terlalu sibuk mengurusi berbagai hal dalam kehidupan rumah tangga. Sampai-sampai kita lupa mendapat hiburan dan quality time berdua. Padahal, pasangan suami istri juga butuh hiburan dan quality time berdua lho, Bun.

Menurut psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana, orang tua juga manusia dan tiap manusia butuh yang namanya hiburan biar nggak melulu sumpek dengan aktivitas reguler yang dijalani.

"Saat orang tua mau couple time, biasanya kesulitannya adalah guilty feeling karena ninggalin anak. Nah, karena itu butuh kekompakan ayah ibunya nih dalam menangani hal ini," kata Vera dalam acara 'Peluncuran dan Exclusive Preview Cinemaxx' di Cinemaxx Pluit Village, Jakarta Utara pada Rabu (15/8/2018).


Vera menjelaskan, dalam sebuah penelitian pada orang tua yang kompak atau punya hubungan yang supportif satu sama lain, perilaku bermasalah pada anaknya juga menurun. Jadi, penting banget untuk orang tua punya supportive relation.

"Untuk menciptakan supportive relation itu sendiri perlu adanya couple time antara ayah dan ibu. Maka itu, orang tua mesti pintar-pintar cari waktu untuk berdua," papar Vera.

Karena menurut Vera, jika orang tua mau cari hiburan tapi nggak tega ninggalin anak akhirnya berujung dengan mengajak anak nonton bioskop. Dikhawatirkan, saat film diputar anak malah nggak nyaman dan jadi cranky. Kalau udah begitu, penonton lain kan juga ikut nggak nyaman dan nggak bisa menikmati film ya, Bun.

"Konsep seperti ini bisa bermanfaat bagi orang tua dan juga anak. Satu sisi menjaga kehangatan hubungan orang tua sedangkan anak tetap bisa menghabiskan waktu dengan nyaman sambil bermain dan belajar," imbuh Vera.

Kalau Bunda punya ide atau tempat yang pas buat quality time dengan suami sekaligus bisa jadi tempat bermain dan belajar anak yang oke, yuk share di kolom komentar.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi