MOM'S LIFE

Soal Quality Time dengan Suami, Nyatanya Praktik Tak Semudah Teori

Radian Nyi Sukmasari 25 Feb 2018
Soal Quality Time dengan Suami, Nyatanya Praktik Tak Semudah Teori/ Foto: thinkstock Soal Quality Time dengan Suami, Nyatanya Praktik Tak Semudah Teori/ Foto: thinkstock
Jakarta - Bisa quality time-an sama suami pasti menyenangkan ya, Bun. Misalnya, bisa pergi berdua nonton bioskop mengenang indahnya masa sebelum menikah. Ah, indahnya! Tapi apa daya kalau situasi di rumah nyatanya nggak mendukung.

Seperti cerita seorang bunda, sebut aja namanya Donna. Sehari-hari, Donna memang nggak bekerja, hanya sang suami yang bekerja dengan waktu sampai 10 jam sehari. Tiga anak Donna berumur 6,3, dan 1 tahun. Seperti pasangan lain, Donna dan suami pengen banget, Bun, bisa quality time-an hanya berdua.

Tapi buat Donna itu agak sulit. Kalau mau meninggalkan anak-anaknya di rumah, mereka harus menyewa jasa baby sitter yang biayanya nggak murah. Pernah suatu hari ketiga anaknya dititipkan di rumah sang nenek tapi pas sampai, si bungsu mendadak demam tinggi.

"Sudah punya anak, situasinya memang kadang nggak terprediksi. Secara teori luar biasa sekali memang quality time untuk pasutri tapi nyatanya itu sulit sekali dipraktikkan," kata Donna kepada Babble.



Tapi, Donna dan suami masih mementingkan quality time mereka. Makanya, Donna pun mencari akal dan pilihan quality time mereka jatuh pada menonton film di rumah saat anak-anak sudah tidur. Sebagai istri dan ibu, kata Donna ada lho, Bun, keuntungan yang kita dapatkan dari nonton film di rumah dibanding di bioskop. Ya, walaupun layar TV kita nggak sebesar layar bioskop he-he-he.

Pertama, sudah pasti kita lebih hemat. Kemudian, anak pasti lebih aman karena kita tetap ada di rumah sama kita. Nonton film atau acara tertentu di TV juga bisa membuat kita lebih mengenal pasangan. Donna mencontohkan saat ada program stand up comedy yang dia tonton bersama suaminya, ada materi yang bisa dijadikan bahan diskusi. Dengan begitu, secara nggak langsung itu bisa jadi ajang kita lebih mengenal pasangan.

"Yang paling saya suka, kita nggak perlu dandan yang heboh. Pakai legging dan sweater aja saat nonton film berdua suami, itu nyaman banget buat saya," tambah Donna.



Menjaga hubungan dengan suami menurut Donna penting. Maka dari itu dia berusaha menyempatkan diri menghabiskan waktu berdua aja sama suaminya. Ya, walaupun sesederhana nonton film berdua suami ketika si kecil terlelap, Itu udah bisa jadi quality time kita berdua suami kan, Bun?

Menyempatkan quality time-an sama suami emang penting banget, Bun, meski kita sudah punya anak. Seperti kata psikolog klinis dewasa Pingkan Rumondor, sempatkan deh seminggu sekali berduaan sama suami walau cuma dua jam. Pingkan menyarankan lakukan kegiatan yang bisa bikin kita dan pasangan excited.

"Saat melakukan ini nggak perlu merasa kita tega sama anak. Bukan tega kok. Ini memang kebutuhan kita sebagai pasangan suami istri. Lagipula ketika hubungan kita dengan pasangan baik, anak juga merasakan dampak baiknya," tutur Pingkan.

Kalau bisa, pas kita nge-date sama suami anak dititipkan di rumah orang tua atau kerabat ya, Bun. Tapi, kalau memang nggak memungkinkan, memanfaatkan momen di sela-sela si kecil tidur kayak yang dilakukan Donna juga nggak masalah kok. Ya nggak, Bun? (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi