MOM'S LIFE

Cara Cerdas Jennifer Bachdim Bagi Waktu untuk Keluarga dan Kerja

Asri Ediyati Rabu, 12 Sep 2018 - 08.52 WIB
Cara Cerdas Jennifer Bachdim Bagi Waktu untuk Keluarga dan Kerja / Foto: (jenniferbachdim/Instagram) Cara Cerdas Jennifer Bachdim Bagi Waktu untuk Keluarga dan Kerja / Foto: (jenniferbachdim/Instagram)
Jakarta - Seorang ibu pekerja harus pintar membagi waktu bersama keluarga dan pekerjaannya. Seperti Jennifer Bachdim, seorang publik figur dan ibu dari dua anak, Kiyomi Sue Bachdim dan Kenji Zizou Bachdim. Soal bagi waktu Jennifer punya cara sendiri nih, seperti apa ya caranya?

"Untuk membagi waktu antara pekerjaan dan waktu keluarga, saya berpatok dengan prioritas. Jelas, prioritas pertama saya adalah keluarga terutama anak-anak. Jujur sebenarnya agak sulit ketika ada pekerjaan yang mengharuskan saya pergi ke Jakarta," kata Jennifer Bachdim saat ditemui usai sebuah acara di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Jennifer Bachdim bilang, jika ia ada pekerjaan yang mengharuskannya keluar kota, ia menitipkan anak-anaknya sementara pada suami atau pengasuh. Akan tetapi, nggak lama ia akan langsung pulang ke rumahnya yang berada di Bali.

"Jika anak-anak sakit, saya akan menunda dulu beberapa pekerjaan yang mengharuskan saya pergi ke Jakarta. Kalau memang mendesak, saya akan meminta untuk melakukannya di Bali. Jadi saya bisa memantau kondisi anak-anak," kata Jennifer Bachdim.



Urusan rumah tangga, Jennifer Bachdim selalu menjadi tim bersama suaminya, Irfan Bachdim. Nggak jarang, ia dan suami juga melakukan pekerjaan rumah tangga pada saat tak sibuk. Jennifer juga selalu berupaya agar bisa mengantar dan menjemput anaknya ke sekolah tiap hari. Jadi Jennifer memang selalu memprioritaskan anak-anak di atas segalanya, Bun.

Bicara soal ibu pekerja, waktu 24 jam pun rasanya kurang. Tapi jangan sampai kita nggak punya waktu untuk bonding sama anak ya, Bun.

"Peran ibu nggak cuma merawat dan melindungi anak, tapi saat bersama anak, di situ ibu memberikan kasih sayang dan nilai moral," tutur psikolog Vera Itabiliana.

Agar punya premium bonding moment sama anak, maka kita perlu punya frekuensi yang sama dengan anak. Jadi kita sebagai ibu perlu tahu apa yang sedang tren di dunia anak, termasuk film apa yang ditonton, juga lagu yang didengarkan anak.

"Dengan ibu tahu, maka anak akan lebih merasa ibunya mengerti si anak, merasa diperhatikan. Hal itu bisa membuat anak merasa nyaman, sehingga nantinya akan gampang terbuka dan jadi yang pertama tahu saat anak punya masalah," tutur Vera.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi