moms-life

Momen Kocak Saat Kristen Bell Ajari Anak Pendidikan Seksual

Annisa Karnesyia Kamis, 28 Feb 2019 15:31 WIB
Momen Kocak Saat Kristen Bell Ajari Anak Pendidikan Seksual
Jakarta - Pasangan Kristen Bell dan Dax Shepard membagikan cerita lucu saat mengajarkan pendidikan seks pada putri pertamanya, Lincoln. Apa ya?

Kata Bell, ketika dia dan suaminya sebaik mungkin memberi penjelasan tentang dari mana bayi berasal, si kecil bukannya mendengarkan tapi malah bosan. Ada-ada saja ya.

"Jadi dia bertanya, dari mana bayi berasal?" ujar Bell menirukan pertanyaan anak perempuannya, dikutip dari Today.



Mendengar pertanyaan itu, Bell dan Shephard tidak langsung kaget dan menghindar. Mereka langsung meminta Lincoln untuk duduk dan memulai pembicaraan serius. Penjelasan dimulai saat Shepard menerangkan tentang anatomi tubuh manusia pada Lincoln yang kini berusia lima tahun.

"Kami menjelaskan sesuai anatomi tubuh, mulai dari penis, vagina, ovum, dan sperma. Kami bahkan mencoba memberikan gambaran tentang prosesnya," ujar Shepard.

Tapi tepat saat di bagian inti pelajaran, Lincoln tiba-tiba menjadi kesal dan pergi meninggalkan kedua orang tuanya.

"Penjelasan kami sepertinya membuat dia bosan dan meninggalkan kami begitu saja," ujar Bell.


Pasangan yang menikah pada 16 Oktober 2013 itu menganggap pembicaraan dengan sang anak cukup lucu dan jadi pengalaman unik. Menghadapi anak yang bertanya tentang reproduksi memang enggak mudah ya, Bun. Menurut dokter spesialis anak di Hospital for Children, Wilmington, Steven Dowshen, MD, orang tua dapat menyikapinya dengan memberi jawaban sesuai usia anak.

"Bila dia masih kecil, orang tua bisa mengatakan bayi berasal dari telur di dalam perut ibu. Lalu, ibu bisa menunjuk ke perut dan mengatakan ada tempat keluar khusus untuk bayi yang disebut vagina," ujar Dowshen, dikutip dari Kids Health.

Lebih lanjut, Dowshen menjelaskan agar orang tua tidak perlu menerangkan aktivitas bercinta karena anak masih sangat muda untuk mengerti konsepnya. Cukup ceritakan dengan bahasa dan konsep yang dimengerti anak.

Selain itu, orang tua juga dapat mengatakan konsep lain seperti, jika seorang pria dan wanita saling mencintai, mereka akan semakin dekat. Beri tahu anak bahwa sperma pria yang bergabung dengan sel telur dari wanita dapat membuat bayi tumbuh dalam perut ibu.

"Sebagian besar anak di bawah usia 6 tahun akan menerima jawaban ini. Sebaiknya orang tua memberi jawaban secara langsung. Biasanya anak akan merasa puas karena pertanyaannya telah terjawab," tutup Dowshen.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi