nutrisi

Cara Jennifer Bachdim agar si Kecil Mau Makan Sehat

Amelia Sewaka 16 Jun 2018
Cara Jennifer Bachdim agar si Kecil Mau Makan Sehat/ Foto: Ismail/detikHOT Cara Jennifer Bachdim agar si Kecil Mau Makan Sehat/ Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Menghadapi anak yang sulit makan sehat seperti buah dan sayur sepertinya jadi masalah sebagian besar ibu. Alhasil kita pun harus kreatif cari cara biar anak mau nih makan-makanan sehat ini. Nah, mungkin cara yang diterapkan Jennifer Bachdim supaya si kecil mau makan sehat bisa dicoba, Bun.

Seperti yang kita ketahui, ibu dua anak ini terkenal banget sama gaya hidup sehatnya dari mulai sering olahraga sampai mengasup makanan sehat. Nggak hanya itu, Jennifer Bachdim juga menularkan kebiasaan sehatnya ke si kecil. Apa trik yang dilakukan istri Irfan Bachdim ini? Dia selalu menyempatkan diri mengajak anaknya masak bareng, Bun.



[Gambas:Instagram]



Jennifer memposting sebuah video yang berisi cara membuat sarapan sehat. Nggak hanya dia yang membuat tapi anak-anaknya juga turut andil lho. Apa yang Jennifer lakukan? Mulai dari mengajari anaknya potong buah, memecahkan dan memasak telur, hingga mentatanya di atas piring. Eits tenang, selama masak Jennifer selalu mengawasi anaknya dengan baik kok.

Pada dasarnya, anak memang mencontoh apa yang orang tuanya lakukan. Kalau kita sering makan gorengan dan jajanan tanpa memperhatikan nilai gizinya, jangan salahkan si kecil kalau mereka malas makan makanan yang bergizi.

Soal gizi anak memang harus benar-benar kita perhatikan nih, Bun. Soalnya nih, menurut Ir. Ahmad Syafiq, MSc, PhD Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan FKM UI, sekitar sepertiga anak Indonesia masih mengalami stunting alias tinggi badan kurang dari standar akibat kekurangan gizi kronis.

"Dalam survei kami di Gerakan Nusantara, kami juga menemukan bahwa ternyata pengetahuan gizi dari anak-anak sekolah masih rendah. Kami telusuri lebih dalam ternyata pengetahuan gizi dari guru-gurunya juga masih kurang," ungkap Syafiq.

Soal membujuk anak agar mau makan makanan sehat, psikolog anak dan keluarga, Rosalina Verauli mengatakan prinsipnya seiring bertambahnya usia anak, peran orang tua juga berubah. Kata wanita yang akrab disapa Vera ini, saat anak umurnya lebih dari 5 tahun dan udah sekolah orientasinya bertambah berupa akademis, pertemanan, kegiatan dan aktivitas fisik.

"Kalau anak terlalu banyak dikasih kegiatan, mereka bisa punya gaya hidup nggak sehat. Nah, ada nih pola ABC yaitu Antecedent, Behavior dan Consequence pada anak yang bisa kita terapkan," kata Vera.



Pola 'ABC' yang bisa diterapkan agar anak mau makan makanan sehat antara lain:

1. Menyediakan makan sehat di rumah
2. Memberi model makan makanan sehat bagi anak
3. Orang tua membawakan bekal makanan sehat buat anak
4. Ajak anak makan malam bersama keluarga
5. Mengikutkan anak dalam program makan sehat di sekolah.

Kalau Bunda, punya cara apa biar anak mau makan sehat? Yuk share ke kolom komentar, Bun. (aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi