MOM'S LIFE

Tips Menghilangkan Rasa Panas di Tangan karena Cabai

Yuni Amida Kamis, 08 Nov 2018 - 18.00 WIB
Tips Menghilangkan Rasa Panas di Tangan karena Cabai (Foto: iStock) Tips Menghilangkan Rasa Panas di Tangan karena Cabai (Foto: iStock)
Jakarta - Setelah memotong cabai, tangan terasa panas Bun? Ternyata, ada cara menghilangkannya dengan cepat lho. Simak tips ini yuk.

Menurut Dr. John Hayes, Direktur Pusat Evaluasi Sensory di Universitas Negeri Pennsylvania, cabai memiliki senyawa kapkaisin, yaitu senyawa yang menimbulkan dengan rasa pedas. Komponen aktif cabai ini, akan terasa panas kita ketika masuk ke pori-pori telapak tangan. Ini yang menyebabkan tangan rasanya panas atau seperti terbakar setelah memotong cabai.

Lebih lanjut John menyarankan, untuk menghilangkan rasa panas di tangan sebaiknya cuci tangan dengan air dingin dan sabun. Sabun dapat mengikat senyawa kapsaisin, sedangkan air membantu menurunkan suhu tangan yang panas.



"Obat terbaik sebenarnya adalah mencuci dengan sabun dan air," ucap John dilansir Chowhound.

Selain saran John, dilansir Kitchn, 5 bahan ini dapat menghilangkan rasa panas di tangan akibat cabai. Semoga bermanfaat ya, Bun.

1. Minyak

Tips Menghilangkan Rasa Panas di Tangan karena CabaiIlustrasi minyak (Foto: iStock)


Minyak dapat membantu mengatasi rasa panas di tangan akibat cabai. Bunda bisa memanfaatkan minyak yang ada di dapur, seperti minyak zaitun atau minyak sayur. Caranya, sebelum Bunda memotong cabai oleskan beberapa tetes minyak ke telapak tangan lalu gosok, atau setelah selesai memotong cabai, gosok minyak perlahan ke telapak tangan sampai panasnya hilang.

2. Sabun cuci piring

Tips Menghilangkan Rasa Panas di Tangan karena CabaiIlustrasi sabun cuci piring (Foto: iStock)


Setelah menggiling cabai, Bunda bisa mencuci tangan menggunakan sabun cuci piring. Hal ini karena sabun cuci piring lebih dapat melarutkan minyak daripada sabun cuci tangan biasa. Selain itu sabun cuci piring juga mampu menghilangkan rasa panas di tangan akibat cabai.

3. Alkohol

Tips Menghilangkan Rasa Panas di Tangan karena CabaiIlustrasi alkohol (Foto: iStock)



Alkohol lebih efektif daripada air untuk mengurangi panas di tangan akibat cabai. Jika Bunda menyimpan alkohol di rumah, ini dapat dimanfaatkan ya. Caranya bisa dengan memercikkan alkohol ke tangan, lalu gosok perlahan.

4. Susu atau yoghurt

Tips Menghilangkan Rasa Panas di Tangan karena CabaiIlustrasi susu (Foto: Istock)



Senyawa alami yang ada dalam susu atau yoghurt dapat menetralkan dan menghilangkan panas di tangan karena cabai. Caranya cukup oleskan susu atau yoghurt ke telapak
tangan.

5. Pasta baking soda

Tips Menghilangkan Rasa Panas di Tangan karena CabaiIlustrasi baking soda (Foto: iStock)

Selain berfungsi untuk membuat kue, ternyata baking soda mampu mengatasi masalah panas di tangan akibat cabai. Caranya, campurkan baking soda secukupnya dengan air sampai mengental, kemudian olesi ke telapak tangan, tunggu beberapa saat sampai pasta mengering, lalu bilas dengan air bersih.

(yum/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi